Piala Asia 2023: Menpora Optimistis Timnas Indonesia Lolos 16 Besar
Menpora Dito Ariotedjo berencana mendukung langsung Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 (dok. Kemenpora).

Bagikan:

JAKARTA – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo, optimistis peluang Timnas Indonesia ke babak 16 besar Piala Asia 2023 terbuka.

Skuad Garuda akan memulai perjalanan di Grup D Piala Asia 2023 melawan Irak di Stadion Ahmed bin Ali, Qatar, Senin, 15 Januari 2024, pukul 21.30 WIB.

Menpora mengatakan bahwa peluang Indonesia untuk ke babak gugur tetap ada sekalipun harus menghadapi tim-tim kuat Irak, Jepang, dan Vietnam di Grup D.

"Kalau melihat dari persiapan dan percaturan Timnas Indonesia, saya optimistis, ya. Semoga (bisa lolos babak 16 besar)," kata Dito saat ditemui di Kantor Menpora.

Lebih lanjut, Dito mengatakan dirinya memiliki niat untuk mendukung langsung anak asuh Shin Tae Yong ke Qatar jika agendanya senggang.

"Insya Allah, jika jadwal cocok saya akan ke sana," katanya.

Selain itu, Dito juga berpesan agar skuad Garuda harus memperlihatkan semangat berjuang di Piala Asia 2023.

"Saya harap para pemain bisa tenang. Jadikan dukungan dan antusiasme masyarakat Indonesia kepada kalian bukan sebagai tekanan, tetapi jiwa energi semangat," ujar dia.

Total ada 24 tim yang berlaga di Piala Asia 2023. Dua tim yang finis sebagai juara dan runner-up grup otomatis akan lolos ke babak gugur.

Selain itu, empat tim peringkat ketiga terbaik akan mendapat tiket melengkapi babak gugur. Timnas Indonesia bisa berharap lolos melalui jalur peringkat ketiga terbaik andai tidak bisa jadi juara atau runner-up.