Waketum PSSI Yakin Timnas Indonesia Lolos 16 Besar Piala Asia 2023
Wakil Ketua Umum PSSI Zainudin Amali optimistis target Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 (dok. PSSI).

Bagikan:

JAKARTA - Wakil Ketua Umum (Waketum) PSSI, Zainudin Amali, turut serta dalam agenda Timnas Indonesia yang tengah menjalani pemusatan latihan (TC) di Turki.

Pada momen ini, Waketum optimistis dengan target tim yang ingin menembus babak 16 besar di Piala Asia 2023.

Saat ini tim asuhan Shin Tae-yong memang tengah berada di Antalya, Turki, untuk persiapan. Skuad Garuda bakal tampil di Piala Asia 2023 yang dihelat di Qatar pada 12 Januari-10 Februari 2024.

Pada Piala Asia 2023, Timnas Indonesia akan menemui jalan yang cukup berat. Pasalnya, mereka tergabung di Grup D bersama Jepang, Irak, dan Vietnam.

Kendati bakal menghadapi lawan yang tak mudah, Shin Tae-yong telah mengumbar target bahwa ia ingin timnya bisa lolos hingga babak 16 besar. Target tersebut disambut baik oleh Waketum PSSI.

Kata Zainudin Amali, target yang dipasang Shin Tae-yong itu cukup realistis. Apalagi sejauh ini pelatih asal Korea Selatan itu juga cukup aktif dalam melaporkan perkembangan timnya kepada federasi.

“Tentu sebagaimana yang telah disampaikan oleh coach Shin Tae-yong, dia menargetkan untuk kita lolos ke 16 besar."

"Itu yang kami harapkan. Federasi tentu harus realistis,” kata Zainudin Amali dalam video singkat yang dikutip Senin, 25 Desember 2023.

“Ketua Umum (PSSI) selalu berdiskusi dengan pelatih sejauh mana kemampuan dari anak-anak ini. Kami juga tidak bisa menargetkan hal yang muluk-muluk. Kami realistis dengan kondisi kita sendiri,” lanjut pria yang pernah menjabat sebagai Menpora itu.

Selama menjalani persiapan di Turki, Skuad Garuda bukan cuma sekadar menjalani latihan. Anak asuh Shin Tae-yong juga akan menjalani beberapa kali laga uji coba menghadapi Libya.

Berkaca dari jadwal tersebut, Zainudin Amali menyebut hal itu adalah upaya sebanding dengan target yang dipasang Shin Tae-yong.

“Jadi, sebagaimana yang disampaikan oleh coach Shin Tae-yong, dia akan mengusahakan kita (Timnas Indonesia) lolos ke 16 besar, ya, kita tunggu saja,” kata Zainudin Amali.

Peluang Indonesia sebenarnya tidak hanya sebagai juara grup maupun runner-up untuk bisa lolos ke babak 16 besar. Babak penyisihan yang dibagi menjadi enam grup membuat empat tim yang berada di posisi ketiga terbaik bisa melaju ke babak 16 besar.