Bagikan:

JAKARTA - Timnas Indonesia menuai hasil minor di laga pemungkas Grup D Piala Asia 2023. Skuad Garuda takluk 1-3 melawan Jepang di Stadion Al Thumama, Doha, Rabu, 24 Januari 2024.

Gawang Timnas Indonesia yang dikawal Ernando Ari dibobol lebih dulu ketika laga baru berjalan dua menit. Anak asuh Shin Tae-yong harus menerima petaka dari eksekusi penalti Ayase Ueda yang membuat Jepang unggul 1-0.

Keunggulan Jepang berhasil digandakan lagi-lagi oleh Ayase Ueda pada menit ke-52. Timnas Indonesia lalu semakin tertinggal setelah Justin Hubner membuat gol bunuh diri pada menit ke-88 ketika mencoba menghalau sepakan Ueda.

Tim Merah-Putih hanya bisa membalas satu gol pada menit ke 90+1 lewat kontribusi Sandy Walsh.

Hasil laga ini meleset dari target. Semula tim asuhan Shin Tae-yong itu diharapkan bisa menang atau minimal seri demi memperbesar asa lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023.

Menanggapi hasil ini, Wakil Ketua Umum (Waketum) PSSI, Zainudin Amali, tetap memberi pernyataan positif. Ia tetap mengapresiasi perjuangan yang dilakukan Marselino Ferdinan dan kawan-kawan.

Kata Amali, apa yang dilakukan para pemain di lapangan merupakan perjuangan hebat. Apalagi Jepang yang menjadi lawan kali ini merupakan tim peringkat FIFA lebih tinggi dari Timnas Indonesia.

"Kita sudah lihat bagaimana perjuangan Timnas Indonesia, bagaimana perjuangan anak-anak kita. Saya kira melawan negara yang peringkatnya jauh di atas kita, nyatanya Timnas Indonesia bisa meladeni permainan Jepang," katanya ditemui di GBK Arena, Senayan, setelah acara menonton bersama pada Rabu, 24 Januari 2024, malam WIB.

Amali lebih lanjut sempat menyinggung soal gol bunuh diri yang dilakukan Hubner. Namun, secara keseluruhan ia mengatakan Timnas Indonesia sudah bermain dengan performa yang semakin baik.

"Hanya, memang ada beberapa kejadian yang seharusnya tidak terjadi, bahkan tadi gol bunuh diri yang terakhir."

"Namun, secara keseluruhan saya lihat bahwa Timnas Indonesia semakin baik performanya. Apalagi kemarin sampai bisa mengalahkan Vietnam, itu saya kira harapan baru buat kita," katanya.

Kekalahan Timnas Indonesia dari Jepang membuat kans lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 kian terjal. Pasalnya, langkah Skuad Garuda bergantung pada partai lain.

Harapannya, laga Oman vs Kirgistan yang tampil pada 25 Januari 2024 maksimal berakhir seri agar Timnas Indonesia tetap di empat besar jalur peringkat ketiga terbaik.