Jadi Pemilik Baru Manchester United, Janji Sir Jim Ratcliffe Bawa Tim ke Tempat Seharusnya
Sir Jim Ratcliffe mengakuisisi 25 persen saham Manchester United (dok. manutd.com).

Bagikan:

JAKARTA - Sir Jim Ratcliffe resmi menjadi pemilik Manchester United setelah sepakat mengakuisisi 25 persen saham Setan Merah.

Sebagai pemilik anyar, Sir Jim Ratcliffe mengungkap janji untuk bisa membawa MU kembali ke tempat seharusnya mereka berada.

Kabar bahwa Sir Jim Ratcliffe menjadi pemilik baru mereka dibagikan MU dalam pengumuman Senin, 25 Desember 2023, dini hari WIB.

Kabar ini juga sekaligus mengakhiri drama penjualan klub oleh keluarga Glazer yang mencuat sejak November 2023.

Ratcliffe memenangi persaingan sebagai pemilik anyar MU setelah melewati persaingan dengan Sheikh Jassim.

Dengan statusnya sebagai pemilik baru Setan Merah, Sir Jim Ratcliffe sudah punya kuasa dan skema yang akan ia terapkan dalam tim termasuk soal bisnis jual-beli pemain dan penunjukan manajer.

“Sebagai anak asli Manchester dan pendukung klub seumur hidup, saya senang atas kesepakatan dengan pihak Manchester United yang mendelegasikan kami untuk bertanggung jawab atas pengelolaan klub," ujarnya dilansir dari situs resmi Manchester United.

Untuk bisa memenangi sebagai pemilik saham MU, Ratcliffe yang merupakan bos besar perusahaan kimia INEOS dan asli dari Manchester, harus mengeluarkan 1,25 miliar poundsterling untuk mengakuisisi 25 persen saham klub.

Nantinya ia juga berkomitmen untuk menyediakan sekitar 236 juta poundsterling untuk investasi ke Stadion Old Trafford.

“Kami akan membawa pengetahuan, keahlian, dan bakat global dari INEOS Sport yang lebih luas untuk membantu mendorong dan perbaikan lebih lanjut di klub, sekaligus menyediakan dana untuk memungkinkan investasi masa depan,” sambungnya.

Membawahi tim sekelas Manchester United, Ratcliffe sadar ada banyak tantangan tak mudah di depan matanya. Apalagi kompetisi tempat bergulirnya tim juga bergerak begitu cepat.

Namun, dengan segala ambisi besar yang ditargetkan untuk tim, Ratcliff mengungkap sebuah janji bahwa di bawah tangannya ia ingin bisa membawa Setan Merah kembali ke tempat seharusnya mereka berada, yaitu di puncak kemenangan dengan status juara.

“Kami menyadari bahwa banyak tantangan dan butuh kerja keras. Kami akan hadapi dengan ketelitian, profesionalisme, dan semangat."

"Kami berkomitmen untuk bekerja sama dengan semua orang di klub, yakni dewan, staf, pemain, dan penggemar,” tegasnya.

“Ambisi kami jelas. Kami mau melihat Manchester United kembali di tempat yang seharusnya, yaitu di puncak sepak bola Inggris, Eropa, dan dunia,” kata Sir Jim Ratcliffe bersemangat.