Manchester United Dijual, David Beckham Siap Gabung Konsorsium untuk Beli Mantan Klubnya
David Beckham (Instagram.com/@davidbeckham)

Bagikan:

JAKARTA - David Beckham kabarnya siap bergabung dengan konsorsium demi mencoba membeli mantan klub yang pernah dibelanya, Manchester United. Situasi ini menyusul keputusan Keluarga Glazers yang melepas kepemilikan klub.

Kabar penjualan Manchester United dari tangan Keluarga Glazers resmi diumumkan pada Rabu, 23 November. Informasi itu diumumkan hanya berselang beberapa jam setelah Setan Merah memutus kontrak pemain bintang, Cristiano Ronaldo.

Dikutip dari The Sun, kabar Keluarga Glazers yang ingin menjual klub langsung ditanggapi sejumlah pihak. Salah satunya adalah orang paling kaya di Britania Raya, Sir Jim Ratcliffe.

Ketertarikan Sir Jim Ratcliffe ternyata mengundang niat Beckham untuk bekerja sama. Salah satu legenda Setan Merah ini disebut berniat menjadi pemilik klub yang baru.

Namun, sumber yang sama menyebut bahwa dengan kekayaan bersih bernilai 370 juta euro (Rp6 triliun), Beckham sendiri jelas belum mampu membeli Manchester United. Maka dari itu, ia berniat membuka pembicaraan dengan pihak yang tertarik mengakuisisi Manchester United dari Keluarga Glazer.

Keberadaan Beckham untuk maju membeli MU bisa jadi keuntungan tersendiri bagi konsorsium, nantinya. Pasalnya, pria 47 tahun ini berstatus legenda tim yang sedikit banyak tahu seluk beluk Setan Merah.

Beckham menjalin kebersamaan cukup lama dengan Setan Merah. Ia merupakan jebolan akademi Manchester United yang turut memperkuat tim hingga akhirnya memilih hengkang menuju Real Madrid pada 2003 silam.

Selama menjadi anak asuh Sir Alex Ferguson di Manchester United, Beckham tercatat menciptakan 85 gol dan 109 assist dalam 388 pertandingan di semua kompetisi. Beckham juga berkontribusi membawa Manchester United meraih enam trofi juara Liga Premier, dua Piala FA, hingga satu gelar Liga Champions.

Sebelum dikabarkan tertarik ikut membeli MU, pada bulan Mei lalu, Beckham mengatakan tim ini salah satu yang kuat menghadapi perubahan yang terus terjadi di dalamnya.

“Ada perubahan yang harus dilakukan dan perubahan yang sedang terjadi. Tidak banyak tim yang melewati apa yang telah mereka lalui dalam beberapa tahun terakhir dan masih mengisi stadion mereka,” katanya dikutip dari The Sun, Kamis, 24 November.

Soal harga jual MU saat ini, diketahui bahwa Keluarga Glazer membanderolnya di angka 6-8 miliar euro. Tapi, jumlah itu sepertinya akan ditawar oleh Ratcliffe karena ia dilaporkan tidak akan membayar lebih dari 5 miliar euro untuk klub tersebut.