Sir Jim Ratcliffe Selesaikan Pembelian Saham Minoritas Manchester United
Sir Jim Ratcliffe, pemilik saham minoritas Manchester United (dok. Manchester United).

Bagikan:

JAKARTA - Pembelian saham minoritas Manchester United sebesar 27,7 persen oleh Sir Jim Ratcliffe telah selesai. Miliarder Inggris itu kini memungkinkan untuk mengendalikan operasi klub.

Pemilik Ineos itu menyelesaikan akuisisi 25 persen saham Kelas B klub dan 25 persen saham Kelas A klub.

Investasi dari Trawlers Ltd, perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh Ratcliffe, mendapat persetujuan Liga Inggris dan Asosiasi Sepak Bola Inggri (FA) pada pekan lalu.

"Menjadi salah satu pemilik Manchester United adalah suatu kehormatan besar dan disertai dengan tanggung jawab besar."

"Ini menandai selesainya transaksi. Namun, ini hanyalah awal dari perjalanan kami untuk membawa Manchester United kembali ke puncak sepak bola Inggris, Eropa, dan dunia dengan fasilitas kelas dunia untuk para penggemar kami."

"Upaya untuk mencapai tujuan tersebut akan dipercepat mulai hari ini," kata Ratcliffe di Sky Sports.

Ratcliffe telah setuju untuk membayar 26 pound (33 dolar AS) per saham untuk seperempat saham Kelas A, serta membayar dengan harga tersebut untuk 25 persen saham Kelas B yang dimiliki keluarga Glazer. Setiap saham Kelas B memberikan suara 10 kali lebih banyak daripada saham Kelas A.

Saham selanjutnya telah diterbitkan sebagai imbalan atas investasi modal awal sebesar 158,5 juta pound (200 juta dolar AS) yang dilakukan oleh Ratcliffe setelah kesepakatan selesai.

Dia akan menginvestasikan 79,2 juta pound (100 juta dolar AS) lagi pada tanggal 31 Desember 2024 dan kepemilikannya akan meningkat menjadi 28,9 persen.

Joel Glazer selaku salah satu pemilik Manchester United menyambut baik selesainya pembelian saham minoritas tersebut.

"Saya ingin menyambut Sir Jim sebagai salah satu pemilik dan berharap dapat bekerja sama dengannya serta Ineos Sport untuk memberikan masa depan cerah bagi Manchester United," tutur Joel Glazer.

Selesainya kesepakatan ini menandai berakhirnya kisah yang dimulai pada November 2022 ketika keluarga Glazer mengumumkan rencana tinjauan strategis yang mungkin mencakup penjualan klub.

Ratcliffe bersama dengan pengusaha Qatar, Sheikh Jassim, menjadi yang terdepan saat muncul rencana penjualan penuh. Namun, pengusaha Qatar tersebut mengundurkan diri pada Oktober 2023.

Fokus Ratcliffe lalu beralih ke pembelian saham minoritas yang signifikan dan sekarang akhirnya selesai.

Ratcliffe dan timnya tidak membuang waktu untuk mengenal klub selama tujuh minggu terakhir. Dia mencoba mengatasi masalah klub dengan Sir Dave Brailsford, Direktur Olahraga di INEOS, selalu hadir di sekitar klub.

Penunjukan Brailsford dilakukan Ratcliffe setelah berkonsultasi dengan Joel dan Avram Glazer.

Belakangan, tersiar kabar Ratcliffe siap merekrut Direktur Olahraga Newcastle United, Dan Ashworth.

Ashworth berada di urutan teratas daftar Ratcliffe untuk menjalankan operasi sepak bola di Old Trafford. Hanya saja, mendatangkan Ashworth tidak mudah.

Newcastle belum menyebutkan angka pasti atas perekrutan Ashworth. Namun, diperkirakan nilainya bisa mencapai lebih dari 10 juta pound agar dia bisa langsung bekerja untuk Manchester United menjelang jendela transfer musim panas.