Miliarder Inggris Jadi Pesaing Emir Qatar untuk Beli Manchester United
Ada dua pihak yang sudah melayangkan penawaran untuk membeli Manchester United. (Foto: Twitter/@ManUtd)

Bagikan:

JAKARTA - Manchester United punya banyak peminat. Namun, hanya ada dua pihak yang dikabarkan sudah melayangkan penawaran resmi.

Sebelumnya, tawaran datang dari Emir Qatar, Sheikh Jassim Bin Hamad Al Thani. Terbaru, miliarder Inggris, Sir Jim Ratcliffe, melakukan langkah yang sama.

Orang kaya Inggris itu telah mengajukan tawaran secara resmi untuk membeli kepemilikan Manchester United, beberapa jam setelah manajemen klub berjuluk Red Devils tersebut mendapatkan tawaran dari dari Sheikh Jassim Bin Hamad Al Thani.

Penawaran Jim Ratcliffe tersebut dikonfirmasi oleh Grup INEOS, yang merupakan perusahaan miliknya. Sama seperti Emir Qatar, Ratcliffe juga ingin mengakuisisi penuh Manchester United.

"Kami akan melihat peran kami sebagai penjaga jangka panjang Manchester United atas nama para penggemar dan masyarakat luas," kata INEOS dalam pernyataan mereka yang dikutip Antara via AFP pada Sabtu, 18 Februari.

"Kami ambisius dan sangat kompetitif serta ingin berinvestasi di Manchester United untuk kembali menjadikan mereka klub nomor satu di dunia," lanjut pernyataan tersebut.

Ratcliffe merupakan salah satu orang terkaya di Inggris. Pria berusia 70 tahun tersebut menyebut dirinya adalah penggemar Manchester United sejak kecil. Dia memiliki INEOS yang merupakan perusahaan petrokimia raksasa.

Grup INEOS sendiri tidak asing di dunia olahraga. Mereka memiliki tim sepeda INEOS Grenadiers, klub Ligue 1 Prancis Nice, klub liga super Swiss FC Lausanne-Sport dan memiliki sepertiga saham tim Mercedes Formula 1.

Keluarga Glazer telah menetapkan batas waktu tawaran awal pada Jumat (17/2) waktu Inggris. Sebelumnya mereka sudah menyatakan keterbukaan terhadap investasi minoritas maupun akuisisi penuh.

Jelang akhir dari batas waktu tersebut, Sheik Jassim Bin Hamad Al Thani resmi mengajukan tawaran mereka melalui Nine Two Foundation miliknya. Dia ingin membeli 100 persen kepemilikan Manchester United.