Indonesia Masuk Pot 2 Undian Piala Asia U-20, Dipastikan Tak Satu Grup dengan Jepang dan Australia
Tim Indonesia masuk dalam pot 2 undian penyisihan grup Piala Asia U-20 2023. (Foto: Twitter/@PSSI)

Bagikan:

JAKARTA - Sebanyak 16 tim dipastikan lolos ke putaran final Piala Asia U-20 2023. Ada 11 negara yang lolos ke Piala Asia U-20 2023 dengan status juara grup.

Mereka adalah Uzbekistan selaku tuan rumah, Arab Saudi (juara Grup A), Qatar (Grup B), Jepang (Grup C), Yordania (Grup D), Korea Selatan (Grup E), Indonesia (Grup F), Oman (Grup G), Australia (Grup H), Tajikistan (Grup I) dan Iran (Grup J).

Sementara sisa lima negara lain dinyatakan lolos ke Piala Asia U-20 karena berstatus runner-up terbaik. Negara-negara itu adalah Vietnam, Kyrgyzstan, China, Irak dan Suriah.

Berdasarkan pembagian pot yang telah dirilis AFC, Indonesia berada di pot 2. Selain Indonesia ada juga Jepang, Tajikistan dan Australia.

Sementara pot 1 diisi Uzbekistan, Arab Saudi, Korea Selatan dan Qatar. Uzbekistan ada di pot pertama karena status mereka sebagai tuan rumah.

Sementara Arab Saudi merupakan kampiun Piala Asia U-19 2018, Korea Selatan ada di pot yang sama karena lolos ke final, sedangkan Qatar lolos ke semifinal Piala Asia U-19 2018.

Dengan berada di pot 2, Indonesia tidak akan menghadapi Jepang yang jadi kandidat kuat kampiun kompetisi tahun ini. Namun, hal itu tak membuat langkah menjadi mudah karena calon dari pot lain merupakan tim yang tak kalah kuat.

Seperti diketahui, Piala Asia U-20 2023 akan dilangsungkan di Uzbekistan pada 1-18 Maret 2023.

Berikut pembagian pot drawing Piala Asia U-20 2023:

Pot 1 : Uzbekistan, Arab Saudi, Korea Selatan dan Qatar.

Pot 2 : Jepang, Tajikistan, Australia dan Timnas Indonesia.

Pot 3 : Yordania, China, Irak dan Vietnam.

Pot 4 : Iran, Oman, Suriah dan Kyrgyzstan.