Bagikan:

JAKARTA - Pelatih Timnas Indonesia U-16, Nova Arianto, bakal mengawal tim di semifinal Piala AFF U-16 2024 atau ASEAN Championship U-16. Menghadapi Australia U-16, Nova membeberkan tiga kekuatan lawan yang mesti diwaspadai anak asuhnya.

Laga babak semifinal Piala AFF U-16 2024 akan mempertemukan Indonesia U-16 vs Australia U-16 di Stadion Manahan, Solo, pada Senin, 1 Juli 2024, malam WIB.

Menjelang laga ini, Nova tak menampik bahwa tim lawan bakal berpotensi merepotkan anak didiknya terlebih Australia U-16 jadi negara yang diunggulkan. Namun, hal itu bukan berarti Indonesia U-16 akan mudah dipatahkan.

Menurut pandangan Nova Arianto, ada tiga kelebihan lawan harus diantisipasi. Hal pertama ialah soal postur tubuh.

"Kami waspadai ialah masalah postur pemain Australia U-16 yang cukup tinggi," kata Nova Arianto dalam keterangannya dikutip pada Senin, 1 Juli 2024.

Selain itu, Nova menyebut visi permainan lawan juga mesti diwaspadai. Dalam pandangannya, Young Socceroos bisa menjalankan strategi yang diinginkan pelatihnya dengan baik dan terencana.

"Selain itu, cara atau visi bermain Australia U-16 sangat baik. Saya sangat mewaspadai Australia U-16," kata sang pelatih.

Terakhir soal konsentrasi. Bagi Nova, pemain Australia U-16 terlihat sangat fokus sepanjang 90 menit. Hal tersebut menjadi kelebihan lawan dan bisa menjadi titik lemah bagi Putu Panji dan kawan-kawan.

"Harapannya pemain (Timnas Indonesia U-16) bisa memperbaikinya (soal konsentrasi) dan lebih fokus lagi agar meraih hasil yang terbaik," ujarnya.