Bagikan:

JAKARTA - Timnas Indonesia U-19 bakal berlaga di ASEAN U-19 Boys Championship 2024 atau Piala AFF U-19 2024 pada 17-24 Juli 2024. Indra Sjafri selaku pelatih telah memanggil 28 nama.

Piala AFF U-19 2024 akan berlangsung di Surabaya dengan menjadikan Stadion Gelora Bung Tomo dan Stadion Gelora 10 November sebagai lokasi penyelenggaraan.

Indra Sjafri pun telah menentukan 28 pemain yang akan dipersiapkan untuk Piala AFF U-19 2024. Namun, nantinya 28 pemain yang dipanggil pemusatan latihan ini juga akan kembali dipangkas menjadi 23 pemain untuk skuad akhir.

"Ini adalah pengerucutan tim, dari 33 pemain dikurangi lima pemain untuk dibawa ke Surabaya. Sebanyak 28 pemain ini yang akan saya bawa untuk TC lanjutan di Surabaya," kata Indra Sjafri dalam keterangan dikutip dari laman PSSI, Rabu, 10 Juli 2024.

"Nanti akan dikurangi lagi dari 28 pemain itu hanya boleh 23 pemain. Jadi, kami masih mengurangi lima pemain lagi nantinya didaftarkan ke AFF," ujarnya lagi.

Dalam daftar tersebut, Timnas Indonesia U-19 dipastikan diperkuat empat pemain keturunan, yaitu Meshaal Hamzah, Welber Jardim, Jens Raven, dan Ji Da Bin.

Welber Jardim (Sao Paolo) dan Jens Raven (Dordrecht) merupakan pemain diaspora alias merumput di luar negeri. Selain itu, ada satu nama lagi, yaitu Marselinus Ama (UD Logrones).

Secara keseluruhan, pada posisi penjaga gawang, Indra Sjafri punya tiga pemain, yaitu I Wayan A. Wiguna dari Bali United, Fitrah M. Ridwan dari Persib, dan Ikram Al Giffari dari Semen Padang.

Kemudian lini belakang, Indra menyiapkan 10 pemain antara lain Rizdjar Nurviat dari Borneo FC, Sulthan Zaky (PSM), Kadek Arel (Bali United), M Mufli (PSM), M Farhan (Persija), Meshaal Hamzah (Persija), Alfahrezi (Borneo FC), M Iqbal Gwijangge (Barito Putera), Rahmat Syawal (PSS), dan Dony Tri (Persija).

Lini tengah dihuni Ji Da Bin dari ASIOP, Welber Jardim (Sao Paolo), Tony Firmansyah (Persebaya), Figo Dennis (Persija), Alexander Felix Kamuru (Barito Putera), M Darel Valentino (Persib), Fandi Bagus (Bhayangkara FC), dan M Kafiatur (Dewa United).

Sementara sektor depan, Indonesia U-19 mendaftarkan Arlyansyah dari Persija, M. Riski Afrisal (Madura United), Marselinus Ama (UD Logrones), Arkhan Kaka (Persis Solo), M. Mufdi Iskandar (Malut Selection), Muhammad Ragil (Bhayangkara FC), dan pemain naturalisasi Jens Raven (Dordrecht).

Pada Piala AFF U-19 2024, Indonesia U-19 tergabung di Grup A bersama Timor Leste, Kamboja, dan Filipina. Pada laga perdana, Garuda Nusantara akan menghadapi Filipina di Stadion Gelora Bung Tomo pada 17 Juli 2024.