Bagikan:

YOGYAKARTA – Meninggalkan mobil di rumah dalam waktu lebih dari tiga hari harus dilakukan dengan hati-hati. Pasalnya selama waktu tersebut pemilik tidak bisa benar-benar mengawasi kondisi kendaraan terutama yang berkaitan dengan keamanan.

Agar mobil tetap aman dan awet meski ditinggal beberapa hari ke luar kota, pemilik harus memperhatikan beberapa hal yakni sebagai berikut.

Cara Aman Parkir Mobil yang Ditinggal Mudik

Pemilik disarankan untuk tahun cara parkir mobil matik yang benar maupun cara parkir mobil manual yang tepat. Pasalnya, parkir mobil dalam waktu lama akan berdampak pada keamanan, keselamatan, dan keawetan komponen mobil. Berikut ini beberapa yang harus diperhatikan saat parkir mobil dalam waktu lama karena ditinggal mudik.

  1. Cuci Mobil Dulu Sampai Bersih

Sebelum mudik dan meninggalkan mobil di garasi, disarankan untuk mencuci mobil sampai bersih lebih dulu. Usahakan untuk mencuci interior maupun eksterior mobil. Cara ini dilakukan untuk menghilangkan zat-zat yang berpotensi mengundang hewan bersarang atau memicu korosi di mobil. Perhatikan pula karpet mobil. Hilangkan kotoran yang bisa bersembunyi di sela-selanya.

  1. Naikkan Tekanan Ban

Sebelum ditinggal di garasi naikkan tekanan udara ban mobil karena udara ban yang diam dalam waktu lama akan berkurang secara cepat dibanding pemakaian normal. Menaikkan tekanan udara dilakukan agar ban tidak benar-benar habis saat pemilik pulang ke rumah.

  1. Pasang Sarung Mobil Jika Perlu

Pemasangan sarung mobil berguna untuk memastikan tidak adanya kontaminasi yang akan mengganggu mobil. Misalnya, ada pipa air yang terpasang di langit-langit garasi dan berotensi bocor sewaktu-waktu. Untuk mengantisipasi tetesan air jatuh dalam jangka waktu lama, pasang sarung mobil agar lebih aman.

  1. Tak Perlu Rem Tangan

Disarankan untuk tidak mengaktifkan rem tangan, cukup memasang ganjal ban baik dengan balok kayu atau batu. Hal ini dilakukan karena banyak kasus kampas rem melekat di tromol rem efek parkir yang terlalu lama.

  1. Isi Penuh BBM

Tangki BBM mudah berkarat jika dalam keadaan kosong dalam waktu lama. Untuk mencegah hal itu terjadi lebih baik mengisi penuh tangki BBM.

  1. Perlakukan Kabel Aki dengan Benar

Daya yang tersimpan di aki berpotensi habis jika mobil tak bergerak dalam waktu lama. Karena itu disarankan untuk melepas kabel aki jika mobil akan ditinggal lebih dari satu minggu. Namun jika mobil hanya ditinggal selama beberapa hari, kabel aki tak perlu dilepas.

  1. Keluarkan Barang Berharga

Jangan menyinpan barang berharga di dalam mobil. Langkah ini perlu dilakukan untuk mengantisipasi dampak kejahatan yang mungkin terjadi.

  1. Pastikan Mobil Dalam Kondisi Netral

Salah satu kecerobohan pengemudi yang kerap terjadi adalah mematikan mobil dalam kondisi belum netral. Kondisi tersebut akan mengganggu komponen mobil terutama jika mobil ditinggal dalam waktu lama.

  1. Aktifkan Alarm

Agar keamanan berlapis disarankan untuk mengaktifkan alarm mobil agar saat terjadi hal yang tak diinginkan, mobil otomatis mengeluarkan suara peringatan.

Disarankan pula untuk pemilik kendaraan agar mengetahui cara parkir mobil matic di tanjakan agar aman dan komponen mobil tetap awet.

Itulah cara aman parkir mobil. Kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.