Bagikan:

YOGYAKARTA - Bagi pengemudi pemula tentunya melewati tanjakan itu bukanlah hal yang mudah. Apalagi kalau harus parkir di sana. Kita harus memutar otak agar tahu cara parkir mobil matic di tanjakan.

Pasalnya, mobil bertransisi otomatis mulai dari transmisi matic konvensional (AT), CTV maupun DCT, tentu akan dilengkapi dengan gigi P untuk parkir.

Mula-mula, buat melaksanakan parkir mobil, yakinkan posisi mobil terletak sejajar dengan tepi jalan. Apabila memarkirkan kendaraan dengan posisi menghadap ke atas, pastikan di belakang terdapat ruang penuh buat mobil. Sedangkan pada saat memarkirkan kendaraan di sebuah lereng yang menurun, pastikan menyisakan ruang penuh di bagian depan mobil.

Cara Parkir Mobil Matic di Tanjakan

Berikut poin penting yang wajib Kalian tahu saat parkir di tanjakan:

Kalian wajib memutar roda ke arah tepi jalan serta harus mengarahkan roda jauh dari tepi jalan, jika kalian parkir di suatu tanjakan. Apabila parkir di bawah bukit, maka Kalian mesti memutar roda ke arah tepi jalan.

Kalian wajib menekan rem kaki, kemudian taruh mobil di posisi yang netral setelah itu wajib putar setir satu putaran penuh ke arah yang tepat, perihal ini bakal menghindarkan mobil meluncur ke jalanan saat rem gagal.

Apabila kalian tidak menemukan trotoar, maka Kalian wajib memutar roda depan kalian ke bagian tepi jalan serta ini dapat dicoba saat mobil menghadap ke atas ataupun bawah. Langkah ini bakal membuat mobil berjalan ataupun menggelinding ke rumput maupun tanah yang terletak di samping jalan serta bakal menghindarkan mobil melaju ke jalur lalu lintas.

Harus diingat, kalian jangan memutar roda saat mobil dalam keadaan berhenti, sebab bakal memberikan tekanan pada bagian ban serta sistem power steering yang berjalan di mobil.

Kala melaksanakan penggulingan mobil ke tepi jalan, maka Kalian wajib melaksanakannya dalam posisi yang konsentrasi. Angkat kaki yang menekan rem serta biarkan mobil meluncur secara perlahan menuruni bukit, dan proses ini dijalankan sampai Kalian merasakan kalau ban depan telah diputar ke bagian tepi jalan.

Ketika lagi memarkir kendaraan matic di tanjakan, jangan lupa buat memastikan tidak ada mobil lain yang bakal naik ataupun turun bukit di belakang mobil Kalian, caranya dengan melihat cermin spion buat melihat ke bagian belakang.

Sehabis mobil selesai diparkir, tinggalkan mobil serta yakinkan kembali mobil berada di zona parkir yang tepat.

Cara Parkir Mobil Otomatis

Gunakan mode '1' atau 'L' saat berada di tanjakan

Ketika berada di tanjakan dengan kemiringan yang lumayan tajam serta lalu lintas yang padat, Kalian dapat mengatur transmisi otomatis dalam mode '1' atau 'L'.  Angka '1' mengindikasikan mobil berada dalam mode 1, sementara 'L' singkatan dari 'Low', yang berarti gigi rendah. Dalam posisi ini, akselerasi dapat dikontrol untuk memaksimalkan torsi yang tinggi untuk melewati tanjakan.

Jadi, tidak perlu khawatir mobil tidak bisa menanjak. Dengan menggunakan cara ini, torsi bakal lebih maksimal dan kalian tidak akan mengalami masalah saat melewati tanjakan dengan kemiringan yang ekstrim.

Ketika kalian ingin menuruni tanjakan, mobil akan menjaga kecepatan pada gigi terendah sehingga rem mesin akan berfungsi untuk mengendalikan kecepatan mobil. Jadi, hati-hatilah ketika mengendara dengan mobil otomatis!

Jadi setelah mengetahui cara parkir mobil matic di tanjakan, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!