Bagikan:

YOGYAKARTA - Ketika pertama kali memegang mobil matic biasanya banyak yang suka bertanya “fungsi gigi L pada mobil matic” yang biasanya letaknya ada di ujung tuas transmisi. Pasalnya, di tuas mobil matic yang ada di Indonesia di bagian ujung paling bawah masuk gigi L.

Bagi seorang pemula tentu wajar jika belum mengetahui fungsi pada gigi L di tuas transmisi matic.

Bahkan kebiasaan dari para pemula yang baru pertama memegang mobil matic pasti akan merasa kalau gigi D saja sudah cukup untuk mengendarai mobil. Bagi yang belum mengetahui, yuk kita pelajari fungsi gigi L di tuas transmisi mobil matic bersama!

Fungsi Gigi L Pada Mobil Matic

Pada saat gigi masuk pada posisi L, transmisi matic bakal melambatkan mesin dan menghentikan torsi yang lebih besar. Pada posisi L, transmisi bakal langsung berpindah ke gigi yang lebih tinggi alias tetap pada posisi gigi 1.

Wal hasil, mobil bakal berjalan dengan kecepatan rendah, namun bakal menghasilkan torsi serta tenaga yang cukup besar.

Maka dari itu, posisi L ini begitu penting ketika mobil sedang melewati jalan yang terjal. Pada saat gigi memasuki posisi L, transmisi matic bakal memperlambat mesin dan torsi akan menjadi lebih besar.

Pada posisi L, transmisi tak bakal berpindah ke gigi yang lebih tinggi alias posisi tetap di gigi 1 terus. Oleh karenanya, nanti mobil bakal berjalan dengan kecepatan rendah, namun bakal menghasilkan torsi dengan tenaga yang jauh lebih kuat.

Oleh sebab itu, posisi L begitu penting ketika mobil melalui jalan yang cukup terjal.

Arti Huruf Pada Persneling Mobil Matic

  1. Huruf P

Tentunya huruf P tak asing bagi para pengemudi karena berarti “parkir”. Maka tentunya huruf ini digunakan sebagai mode parkir. Nantinya mobil akan terkunci secara otomatis dan giginya juga bakal terkunci agar mobil tak berjalan.

  1. Huruf R

Selanjutnya adalah huruf R yang diperuntukan untuk Reverse. Fungsinya untuk memundurkan mobil.

  1. Huruf N

Arti dari simbol ini adalah netral atau neutral, yang berfungsi sebagai penetral mobil kalian. Apabila ada pada mode N maka putaran mesin mobil yang dihubungkan ke roda akan putus.

Namun berbeda dengan P ya, karena mode N tidak dalam keadaan terkunci. Apabila kalian mendorong mobil yang tengah mogok, mode N ini merupakan opsi yang tepat.

  1. Huruf D

Selanjutnya ada mode D yang memiliki arti Drive. Peranannya ya untuk menjalankan mobil. Biasanya jika menggunakan mobil matic, maka pengemudi bakal menggerakan tuas perseneling ke posisi D saat akan melaju.

Pada posisi huruf di perseneling D ada angka 1,2, dan 3 yang diperuntukan sebagai pengatur perpindahan gigi secara otomatis.

  1. Huruf M

Selanjutnya ada huruf M yang berarti Manual. Peranan huruf ini untuk menjalankan mobil, sama seperti kode D tapi, kode ini hanya dimiliki oleh jenis mobil tertentu. Jadi tak semua mobil matic memilikinya ya!

  1. Huruf S

Arti dari kode huruf S adalah Sport. Ini bisa berperan untuk menambahkan kecepatan pada mobil matic kita, sehingga kita bisa melaju pada kecepatan tinggi. Hanya dengan menekan tombol s yang ada, maka kalian bisa dengan otomatis berada pada mode sport.

Selanjutnya ada rekomendasi: “Cara Menggunakan Engine Brake Mobil Matic Konvensional dan CVT” agar kalian semakin memahami terkait mobil matic.

Jadi setelah mengetahui fungsi gigi L pada mobil matic , simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!