Tips Belajar Mobil Penting bagi Pemula, Ini Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan
Ilustrasi. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Tips belajar mobil menjadi hal penting bagi pemula. Namun apabila Anda membutuhkan perawatan mobil maka https://otoklix.com menjadi solusi Anda. Saat ini banyak orang merasa gugup saat belajar mengemudikan mobil.

Kebanyakan merasa takut untuk menghadapi risiko yang mungkin terjadi, seperti terjadinya tabrakan di jalan ataupun kecelakaan. Menyetir mobil bagi seorang pemula mungkin memberikan pengalaman yang menyenangkan ataupun mengerikan.

Inilah Beberapa Tips Belajar Mobil Untuk Anda Ketahui

Bagi Anda yang masih belajar untuk mengemudikan mobil, maka perlu memperhatikan beberapa hal. Berikut ini tips penting untuk mengemudikan mobil yang perlu Anda ketahui.

Pahami Jenis Mobil Serta Plus Minusnya

Sebelum mengemudi mobil sendiri, maka perlu memahami jenis mobil yang akan digunakan. Umumnya mobil memiliki dua jenis transmisi, yakni mobil manual dan matic. Dari segi komponen dan pengendalian, mobil manual lebih rumit dibandingkan mobil matic. Anda membutuhkan fokus lebih banyak saat mengendarai mobil manual.

Hal ini karena pengaturan gigi, pedal rem, dan gasnya tidak otomatis. Namun, mobil matic sebenarnya juga memiliki beberapa kelemahan. Mulai dari jumlahnya yang masih jarang, biaya perawatan mahal, sering bermasalah saat tanjakan, juga boros bahan bakarnya.

Belajar dengan Mobil Manual Dulu

Tips lainnya yang perlu dilakukan yakni belajar menggunakan mobil manual terlebih dahulu. Dari segi desain, mobil matic tampak lebih menarik dan kekinian. Namun, mayoritas pengguna mobil matic biasanya akan kesulitan apabila mengemudikan mobil dengan transmisi manual. Sehingga sebagai pemula perlu belajar mobil menggunakan mobil manual.

Mencari Pengajar yang Profesional

Untuk belajar mengemudi mobil, sebaiknya Anda mencari pengajar yang profesional. Hal ini agar tidak merasa grogi dan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan selama belajar. Biasanya pengajar mobil profesional sudah memahami mengenai cara mengajari pemula. Sehingga tidak merasa gugup dan dapat mengendarai mobilnya dengan luwes. Memilih pengajar profesional dan tenang dapat Anda temui di tempat kursus menyetir mobil.

Atur Posisi yang Nyaman

Sebelum menyalakan mobilnya, pastikan semua kondisi kaca spion dan tempat duduk sudah sesuai. Hal itu penting agar Anda merasa lebih nyaman. Apabila merasa nyaman, maka rasa gugup yang Anda alami menjadi berkurang.

Tips yang satu ini sangat penting, terutama bagi Anda yang pertama kalinya mengemudi mobil. Pastikan punggung sudah menyandar dengan posisi yang tepat agar tubuh tidak mudah pegal dan lelah.

Pastikan posisi duduk tersebut membuat Anda lebih mudah melihat kondisi di sekitar mobil. Posisi duduk yang tepat yakni setengah dari ketinggian kaca depan.

Selain itu, posisi lutut tidak terlalu merentang agar lebih mudah mengontrol pedal gas, rem, dan kopling. Pastikan untuk duduk dengan tegak dan tidak membungkuk ke depan.

Fokus dan Tetap Tenang

Tips belajar mengemudi mobil dengan aman yakni tetap fokus dan tenang. Anda perlu tetap fokus selama belajar mengemudikan mobil. Hal itu penting agar tidak terhindar dari kecelakaan yang dapat membahayakan nyawa Anda.

Sebaiknya tidak menyalakan musik dengan volume suara yang terlalu besar. Nantinya akan mengganggu konsentrasi selama mengemudikan mobil, maka perlu tetap fokus dan tenang. Apabila terjadi masalah, jangan mudah panik dan tetap tenang agar segera mendapatkan solusi untuk mengatasinya.

Mengendarai Perlahan

Untuk belajar mobil bagi pemula berikutnya yakni dengan mengendarai perlahan. Pastikan untuk lebih fokus ke jalanan secara perlahan dan tetap tenang. Perhatikan bahwa pengguna fasilitas jalan bukan hanya Anda sendiri. Kenyamanan menjadi milik bersama dan lebih fokus akan menghindari terjadinya kecelakaan.

Tips belajar untuk mengendarai mobil dengan tidak melaju pada kecepatan tinggi. Anda yang belum mahir mengendarai mobil, kemungkinan akan mudah kehilangan kendali saat memacu mobil berkecepatan tinggi. Sebaiknya mobil melaju dengan kecepatan sesuai rambu lalu lintas di jalan.

Kuasai Pengendalian Rem, Gas, dan Gigi

Komponen terpenting dalam mengendarai mobil tidak hanya kemudi, namun ada rem, gas, dan gigi. Apabila belum menguasai ketiga komponen tersebut, sebaiknya tidak langsung melaju di jalan raya. Apabila ingin cepat lancar mengemudi mobil, perlu memahami dengan benar cara mengoperasikan rem, gas, dan gigi.

Berlatih Rutin di Lapangan Luas

Cara belajar mengemudi mobil lainnya yakni dengan latihan secara rutin di lapangan luas. Anda perlu meluangkan waktu tiap beberapa hari sekali untuk belajar mengemudi. Selama berlatih di lapangan, perlu memaksimalkan kesempatan tersebut untuk menguasai pengoperasian rem, gas, dan gigi.

Tips belajar mobil agar cepat mahir perlu menguasai pengoperasian rem, gas, dan gigi dengan benar. Apabila ingin melakukan perawatan mobil, maka kunjungi bengkel mobil terdekat. Saat ini otoklix yang telah bermitra dengan 2000+ bengkel umum pilihan di Jabodetabek. Harga yang ditawarkan transparan dan diberitahukan saat awal booking. Bahkan pelayanan service bergaransi dan dapat bayar di bengkel mitra.