Inilah Fungsi Huruf B pada Transmisi Daihatsu All New Ayla
Interior Daihatsu All-New Ayla (sumber : Astra Daihatsu)

Bagikan:

JAKARTA - Beberapa waktu lalu, Daihatsu meluncurkan generasi terbaru dari Ayla, All-New Ayla yang menawarkan beberapa penyegaran pada unit ini.

Selain tampil lebih sporty serta interiornya diperbarui, Daihatsu juga menghadirkan sistem transmisi terbaru pada All-New Ayla tersebut.

Pada umumnya, transmisi matic terdiri dari huruf P, N, D, S, L atau tambahan angka 1 ataupun 2. Namun berbeda dari yang lain, transmisi pada All-New Ayla menghadirkan huruf B.

Menurut Anjar Rosjadi, sebagai R&D Product Planning Division Head PT Astra Daihatsu Motor, mengatakan bahwa huruf B pada transmisi LCGC ini menggantikan huruf L. Yang berarti, penggunaan huruf B pada transmisi ini memiliki fungsi yang sama dengan L, yaitu menahan mobil pada saat di turunan.

"Jadi itu sebenarnya memiliki fungsi yang sama, baik B atau L. Fungsinya itu ketika kita sedang berada di turunan, jadi bisa menahan. B itu artinya Brake dalam istilah transmisi. Turunan terjal pakai B lebih aman, dan efektif mobil tidak meluncur bebas," ucap Anjar yang dikutip dari ANTARA.

Selain itu, huruf B juga berfungsi sebagai meringankan beban kerja pada rem. Pada saat sedang melintasi jalan turunan, transmisi dipindahkan ke huruf B yang membuat kendaraan sedikit menahan tidak seperti penggunaan ke mode D.

Bila transmisi huruf B atau L berfungsi ketika melewati turunan, maka berbeda dengan huruf S. Huruf S pada All-New Ayla memiliki arti "Sloop", yang berfungsi ketika mobil melaju di tanjakan.

Walaupun sudah dijalankan dengan fitur transmisi terbaru, kemampuan pengemudi di jalan menanjak ataupun turunan tetap dibutuhkan dengan melakukan injakan rem.

"Kalau posisi B itu nantinya komputer saja sudah yang mengatur, kan D-CVT tetap pakai sabuk, intinya dia bisa menahan ketika diajak turun. Kalau S atau Sloop itu efektif untuk tanjakan agar lebih responsif," tambah Anjar.

All-New Ayla memiliki sistem transmisi Dual Mode Continously Variable Transmission (D-CVT) yang membuat mobil memiliki kemampuan akselerasi mulus serta irit penggunaan bahan bakar.