Pupus Harapan, Timnas MLBB Putra Indonesia Gagal Bawa Pulang Medali
Momen kemenangan Myanmar atas Indonesia (foto: YouTube MPL Indonesia)

Bagikan:

JAKARTA - Berbanding terbalik dengan pertandingan tim putri di nomor Mobile Legends: Bang Bang, timnas putra Indonesia justru gagal memenangkan satu match pun di babak Group Stage SEA Games Kamboja 2023.

Menggunakan sistem Best of One (BO1), tim yang diisi oleh Albert "Alberttt" Neilsen, Jabran "Branz" Wiloko, Gilang "Sanz", Rizki "Saykots" Iskandar, dan Rachmad "DreamS" Wahyudi ini berhasil ditaklukkan oleh tuang rumah Kamboja. 

Di awal (early) gim, Indonesia berhasil mendominasi permainan. Tapi sayangnya, di akhir (last) gim, tim Kamboja berhasil mendobrak pertahanan Indonesia, dan memenangkan match dalam waktu 30 menit. 

Kemudian di match kedua melawan Myanmar, dengan menurunkan tim yang sama, Alberttt dan kawan-kawan harus mengakui kekalahannya. Myanmar berhasil menyapu bersih turret Indonesia hanya dalam waktu 17 menit saja. 

Dua kali kekalahan ini tentu bukan kabar yang baik untuk Indonesia, mengingat hanya dua tim terbaik dari setiap grup yang dapat melaju ke babak playoffs besok. 

Pertandingan hari ini juga bisa dikatakan menjadi rapor merah untuk timnas MLBB putra Indonesia, mengingat di dua SEA Games sebelumnya, Indonesia selalu masuk ke babak Grand Final. Skenario terburuknya adalah Indonesia harus pulang dengan tangan kosong. 

Skenario Timnas Indonesia Masuk ke Babak Playoffs

Saat ini, Indonesia menempati peringkat keempat di grup B dengan 0 poin. Di atasnya, ada Singapura (0 poin), Kamboja (1 poin), dan Myanmar (2 poin). Pertandingan esok hari dengan Singapura menjadi penentuan untuk timnas Indonesia. 

Meskipun sangat kecil, awalnya masih ada secercah harapan untuk Indonesia untuk dapat melaju ke babak selanjutnya. Berikut ini adalah skenarionya:

  • Match antara Kamboja vs Singapura (12 Mei) harus dimenangkan oleh Singapura 
  • Match antara Kamboja vs Myanmar (13 Mei) harus dimenangkan Myanmar
  • Match antara Singapura vs Indonesia (13 Mei) harus dimenangkan Indonesia

Apabila skenario tersebut terpenuhi, maka poin yang didapatkan Indonesia, Singapura, dan Kamboja akan sama, sehingga mereka akan bertanding lagi di pertandingan tambahan (tiebreaker). 

Harapan Timnas Indonesi Bawa Pulang Medali Pupus

Tapi sayangnya, di pertandingan malam ini, Singapura berhasil dikalahkan oleh Kamboja. Sehingga, Kamboja dan Myanmar sudah dipastikan akan melaju ke babak playoffs, meskipun Indonesia menang melawan Singapura besok. 

Berikut ini adalah jadwal pertandingan MLBB putra yang akan dilaksanakan pada Sabtu, 13 Mei:

  • Kamboja vs Myanmar - 10.30 WIB
  • Vietnam vs Malaysia - 11.30 WIB
  • Laos vs Timor Leste - 12.30 WIB
  • Singapura vs Indonesia - 13.30 WIB
  • Timor Leste vs Filipina - 14.30 WIB
  • Malaysia vs Laos - 15.30 WIB