Daftar Umum Bagian Motor Listrik yang Wajib Diservis
Ilustrasi motor listrik (Antara)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Meski digerakkan dengan tenaga listrik, sepeda motor listrik tetap membutuhkan servis atau perawatan rutin. Namun, perawatan yang dibutuhkan tidak sebesar sepeda motor berbahan bakar fosil. Ada beberapa bagian motor listrik yang wajib diservis agar tidak terjadi kerusakan.

Bagian Motor Listrik yang Wajib Diservis

Untuk saat ini keberadaan pusat servis kendaraan listrik memang belum banyak tersedia. Namun ada bengkel di beberapa kota besar di Indonesia yang melayani servis berkala pada motor listrik. Beberapa kerusakan yang mungkin terjadi pada motor listrik misalnya kelistrikan.

Karena motor listrik mengandalkan listrik sebagai tenaga penggerak, ada kemungkinan kendaraan mengalami kendala di kelistrikan seperti tegangan yang tidak stabil atau tidak seimbang. Kondisi tersebut bisa memicu kendaraan overheat atau panas berlebih. Jika yak segera diperbaiki maka motor bisa terbakar.

Selain itu ada risiko kerusakan pada sistem lain seperti pada roda, rem, kelonggaran pada beberapa bagian, dan sebagainya. Kerusakan ini biasanya dipicu oleh banyak faktor seperti pemakaian yang berlebihan, usia kendaraan yang terlalu usang, komponen yang memang memiliki usia pemakaian, dan sebagainya.

Saat sepeda motor listrik diservis, ada beberapa komponen yang akan diperiksa yakni sebagai berikut,  dikutip dari berbagai sumber.

  1. Baterai

Baterai jadi komponen paling penting di motor listrik. Bahkan, baterai harus sering diperiksa untuk memastikan kondisi dan kemampuan baterai bisa bekerja secara normal dan maksimal. Baterai pada kendaraan listrik tetap memiliki usia pemakaian. Biasanya usia baterai kurang lebih 3 tahun, tergantung pemakaian sehari-hari. Bengkel akan memeriksa apakah baterai pada kendaraan listrik masih layak dipakai atau harus dilakukan penggantian.

  1. Dinamo

Tak kalah penting, dinamo pada motor listrik juga harus diperiksa secara berkala. Biasanya kendala yang ada pada dinamo adalah adanya karat. Dinamo yang berkarat akan sangat mengganggu laju kendaraan. Bengkel akan melakukan pembongkaran, pembersihan dan antisipasi agar karat tak mudah muncul. Dengan pemeriksaan pada dinamo motor listrik bisa bekerja secara maksimal.

  1. Control

Sepeda motor listrik juga memiliki control atau modul. Komponen ini mirip seperti peran ECU pada motor injeksi. Saat pemakaian sepeda motor listrik berlebihan, modul bisa mengalami kerusakan. Pihak bengkel akan melakukan pemeriksaan agar kendaraan tidak mengalami kendala.

  1. Kabel Kelistrikan

Bengkel juga akan melakukan pemeriksaan pada kabel motor listrik. Fungsi kabel ini adalah untuk menyalurkan tenaga untuk berbagai keperluan seperti starter, lampu kota, klakson, dan masih banyak lagi.

  1. Komponen Pendukung

Saat kegiatan servis dilakukan, komponen pendukung lain pada sepeda motor listrik juga akan diperiksa. Komponen pendukung yang dimaksud adalah seperti rem depan maupun belakang. Bengkel akan memeriksa apakah rem bisa bekerja dengan baik atau tidak. Atau bisa pula diperiksa kondisi kampas rem pada sepeda motor.

Itulah beberapa bagian motor listrik yang wajib diservis. Anda bisa mengunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.