Bagikan:

JAKARTA- Motor listrik semakin populer di berbagai belahan dunia, termasuk di Indonesia. Bahkan, kini beragam model motor listrik sudah berkeliaran di jalan raya.

Bicara motor listrik tentu membutuhkan perawatan yang benar agar memastikan kinerja optimal dan umur pemakaiannya menjadi panjang.

Ada beberapa perawatan secara umum yang harus dilakukan dan tergolong sangat mudah. Lantas apa saja?

Pembersihan

Menurut Ady, owner Petrikbike sebagai bengkel konversi motor listrik, setiap para pengguna wajib memastikan kondisi motor tetap bersih dari debu, kotoran, dan minyak.

"Apabila mau mencuci motor, tidak diperbolehkan menyemprotkan tekanan air tinggi," katanya saat dihubungi VOI, Jumat, 29 Desember 2023.

Seperti diketahui, tekanan air yang terlalu tinggi bisa menyebabkan air menembus sela-sela bagian motor yang lebih sensitif terhadap air.

Pelumasan

Motor listrik membutuhkan pelumas untuk beberapa part mekanis, seperti tuas rem, area hub guna pergerakan part atau gesekan lebih lancar.

"Periksa dan pastikan semua bagian yang memerlukan pelumasan mendapatkan pelumas yang sesuai," tambahnya.

Pemeriksaan Kabel dan Konektor

Setiap pengguna motor listrik juga dianjurkan untuk memeriksa kondisi kabel, konektor, dan penghubung lain dengan tujuan untuk memastikan tidak ada korsleting atau kebocoran arus.

Perawatan Baterai

Motor listrik dengan baterai Lithium-Ion tidak perlu perawatan atau pantauan ekstra. Hanya saja, penggunaan yang benar memastikan tidak over-charged (mengecas dengan durasi yang berlebihan). Mengecas setiap level baterai tinggal 20% akan membuat umur baterai lebih panjang.

Jadi, bagi pengguna motor listrik tips di atas bisa Anda terapkan agar motor tetap awet dan nyaman saat menemani rutinitas.