Bagikan:

JAKARTA - Divisi balap asal Amerika Serikat, Ford Performance, secara resmi akan mengikuti ajang balap legendaris, Pikes Peak International Hill Climb, dengan sebuah unit mobil van yang dimodifikasi, Ford SuperVan 4.2.

Bekerja sama dengan tim balap Stohl Advanced Research and Development (STARD), mobil van tersebut dirancang khusus untuk mendaki di pegunungan Hill Climb.

Ford SuperVan 4.2 lahir dengan desain yang sangat agresif yang dapat membantu mobil menghasilkan gaya tekan ke bawah, sehingga memudahkan mobil van tersebut meraih performa maksimal.

Bagian aerodinamika yang dapat membantu membantu performa SuperVan 4.2 dari splitter depan dan sayap belakang yang besar yang terbuat dari serat karbon sehingga tidak mempengaruhi jumlah bobot pada mobil tersebut. Mobil ini merupakan versi pengembangan dari versi sebelumnya, Ford SuperVan 4.

Untuk mengoptimalkan laju mobil, Ford membekali sistem pengereman yang impresif dengan brake disc yang terbuat dari keramik karbon, serta pelek forged yang dibaluti ban Pirelli P Zero.

Selain aerodinamika yang ditingkatkan, Ford Performance dengan STARD juga mengembangkan performa daya pacu elektrik dengan menghadirkan tiga motor listrik STARD UHP 6-phase dengan penggerak semua roda (4WD).

4

Dengan meletakkan satu motor listrik di depan dan dua motor listrik di belakang, Ford SuperVan 4.2 dapat menghasilkan tenaga buas 1.400 dk serta memanfaatkan kinerja baterai berkapasitas 600 kW yang cukup untuk menaklukkan pegunungan.

Dibekali tiga motor listrik, daya baterai besar serta beberapa komponen aerodinamika, bobot dari SuperVan 4.2 hanya 1.995 kg, alhasil mobil balap tersebut dapat melaju hingga 240 km/jam.

"Pikes Peak Hill Climb menghadirkan kesempatan sempurna untuk memamerkan teknologi kendaraan listrik Ford dan menghadirkan cahaya pada performa EV," kata Global Director Ford Performance Motorsports, Mark Rushbrook dalam laman resmi Ford, Rabu, 21 Juni.

Mobil ini akan bersaing meraih catatan waktu tercepat dalam Pikes Peak International Hill Climb dengan melewati 156 tikungan dengan ketinggian bukit 14.115 kaki di atas permukaan laut.

Ford SuperVan 4.2 akan dikendarai oleh pemenang empat kali Pikes Peak, Romain Dumas.