Alpine Luncurkan A110 Pikes Peak, Optimis Taklukkan Arena Hill Climb
Alpine A110 Pikes Peak. (Dok. Alpine Cars)

Bagikan:

JAKARTA - Brand mobil asal Perancis sekaligus saudara perusahaan Renault, Alpine kembali mengikuti acara balap internasional.

Setelah keterlibatan dalam balap F1 selama tiga tahun terakhir dan akan mengikuti dunia balap ketahanan untuk 2024, Alpine juga mengumumkan akan mengikuti Pikes Peak International Hill Climb yang berlangsung di Colorado, AS.

Alpine berkolaborasi dengan tim balap Signatech, membangun sebuah mobil yang akan diikutkan ke Pikes Peak. Mereka memakai model A110 yang ditingkatkan dan dimodifikasi sesuai spesifikasi arena Hill Climb.

Sebelumnya, Alpine A110 telah diuji coba di arena Lurcy-Lévis, Prancis, 25-26 April lalu dan pekan depan akan kembali diuji coba dengan konfigurasi tahap akhir sebelum diuji terakhir di Val Thorens, pegunungan Alpen.

2
(Dok. Alpine)

Alpine Chief Designer, Raphael Linari, mengatakan A110 versi Pikes Peak merupakan mobil liar yang nantinya akan menjadi ikonik. Mobil ini memiliki desain unik dengan aerodinamika ekstrem dan pihaknya mengaku percaya diri akan memenangkan Hill Climb.

"Acara legendaris ini (Pikes Peak Hill Climb) merupakan sumber inspirasi yang tiada habisnya untuk mendorong kreativitas kami dan menyempurnakan A110 sambil mengintegrasikan batasan yang terkait dengan kinerja," kata Linari dalam keterangan resminya.

Mengusung desain ekstrem ala Hill Climb, A110 Pikes Peak memiliki pengaturan dua sayap belakang terpisah, menyambung dengan shark fin bergaya "Le Mans", dengan diffuser besar pada bagian belakang, serta splitter depan raksasa yang membantu aerodinamika mobil menjadi lebih optimal.

Meskipun pabrikan tidak menyebutkan mesin yang dipakai namun mereka mengatakan bahwa mobil ini menghasilkan hampir 500 dk, yang di mana A110 versi jalan raya hanya menghasilkan tenaga 296 dk dengan mesin 1,8 liter turbocharged.

A110 Pikes Peak akan dikemudikan oleh pembalap asal Perancis, Raphaël Astier, yang akan bekerja dalam mengembangkan mobil ini hingga acara balap itu berlangsung pada 25 Juni mendatang.

Pikes Peak International Hill Climb akan diadakan pada 25 Juni 2023. Ini merupakan acara international motorsport tahunan yang diselenggarakan di Colorado Springs. Pembalap yang mengikuti ajang ini akan melewati rute sepanjang 19,93 km yang terdiri dari 156 tikungan area pegunungan hingga ke puncak 4.303 meter.