Pisah Jalan, Alpine dan Lotus Sepakat Akhiri Kemitraan Pengembangan Penerus A110
Alpine A110. (Dok. Renault Group)

Bagikan:

JAKARTA - Pabrikan mobil asal Perancis, Alpine, mengakhiri kolaborasi mereka dengan Lotus dalam pengembangan model terbaru penerus A110.

Kemitraan tersebut sudah berjalan selama dua tahun untuk pengembangan mobil sport yang nantinya ditenagai oleh listrik. Namun, produksi mobil sport yang dikatakan akan menjadi penantang Porsche Macan dan Porsche Cayenne ini batal. Alpine maupun Lotus sepakat untuk mengakhiri kerja sama secara damai dan memilih jalan masing-masing dalam pengembangan mobil listrik.

“Lotus dan Alpine telah berkolaborasi membangun mobil sport EV masa depan selama lebih dari dua tahun, selama itu hubungan kuat terjalin antara kedua perusahaan. Kami telah memutuskan untuk tidak melanjutkan pengembangan bersama mobil sport Alpine," kata Alpine melalui pernyataan resmi perusahaan dikutip dari Autocar, Senin, 22 Mei.

Dua tahun yang lalu, Alpine dan Lotus menandatangani nota kesepahaman pada Januari 2021. Keduanya sepakat dalam melakukan studi kelayakan komprehensif dalam pengembangan penerus A110.

Dalam kesepahaman tersebut, A110 direncanakan untuk berbagi sasis dan teknologi dengan coupe terbaru, Lotus Type 135. Disebut sebagai penerus dari model ikonik Lotus Elise, Type 135 nantinya akan dilengkapi sel baterai yang diletakkan secara vertikal di belakang pengemudi.

Penerus dari A110 tersebut akan menjadi model ketiga Alpine yang bertenaga listrik (EV) setelah sebelumnya mereka meluncurkan hot hatch Alpine A290 yang berbasis dari Renault 5 dan crossover GT X-Over.

Belum diketahui apakah berakhirnya nota kesepahaman tersebut untuk mobil sport baru ini juga akan mempengaruhi model Alpine lain di masa mendatang yang menggunakan platform dari Lotus. Rencananya, Alpine akan meluncurkan SUV terbaru pada 2027 dan 2028 dengan menggunakan platform tersebut.

Alpine saat ini sedang mencari mitra di luar Renault Group dalam hal pemasok platform. Beredar kabar bahwa Alpine akan bermitra dengan perusahaan induk Lotus, Geely untuk proyek ini.

Sementara, Lotus mengatakan bersedia bekerja sama dengan mitra yang ingin menggunakan kembali platform dari SUV listrik New Lotus Eletre, yang juga akan menelurkan model berukuran sama dengan Porsche Macan.