Bagikan:

JAKARTA - Putri dari mendiang Ken Block, Lia Block akan mengemudikan Porsche 911 milik sang ayah, Hoonipegasus dalam acara balap Pikes Peak International Hill Climb tahun ini. 

Tahun lalu, pereli Ken Block berniat untuk memecahkan rekor Pikes Peak yang masih dipegang oleh Romain Dumas dengan mobil VW ID.R. Namun saat sesi latihan, ia mengalami masalah pada mesin yang membuatnya absen dari kompetisi itu.

Sang anak, Lia akan membawa "Hoonipigasus" ke arena Hill Climb untuk memberi tribute kepada Ken yang berpulang pada Januari lalu karena mengalami kecelakaan snowmobile.

"Juni ini, saya akan melakukan tribute di Pikes Peak International Hill Climb 2023 dengan Hoonipigasus," ujar Lia dalam pengumumannya di sosial media yang dilansir dari Dirtfish, Kamis, 27 April.

Meskipun hanya akan melakukan "tribute run", Lia tidak bisa menampik bahwa suatu hari nanti ia akan menaklukan arena Pikes Peak di Colorado, Amerika Serikat.

"Saya sangat bersemangat untuk mendakinya dengan mobil tergila ini (walaupun tidak untuk menorehkan waktu), dan membuat kaki saya berkeringat di pegunungan legendaris Pikes Peak! Mungkin ini hanya sekedar pemanasan untuk masa depan?," kata Lia.

Porsche 911 "Hoonipigasus" memiliki performa dan bodi yang sangat agresif. Dari tampilan, basisnya diambil dari Porsche 911 lama dengan beberapa modifikasi.

Beberapa modifikasi tersebut di antaranya terdapat splitter depan yang besar, fender yang lebar pada bagian samping, jarak antara tanah direndahkan, diffuser besar pada bagian belakang, serta sayap belakang raksasa untuk membantu aerodinamika pada Hoonipigasus.

Nama "Hoonipigasus" diambil dari gabungan nama brand yang dijalankan oleh mendiang Ken Block, Hoonigans. Lalu, "Pig" yang diambil dari warna dasar mobil ini berwarna pink yang menyerupai babi, serta "Pegasus" yang terdapat gambar kuda terbang pada mobil itu.

Berbicara soal mesin, Porsche 911 "Hoonipigasus" dibekali mesin flat-6 4,0 liter twin-turbo yang dapat menghasilkan tenaga dahsyat 1.400 dk.

Lia Block akan membawa Hoonipigasus ini ke arena Pikes Peak Hill Climb pada 25 Juni mendatang.

Arena motorsport bukanlah hal baru bagi Lia Block. Sebelum itu, ia akan mengikuti Oregon Trial Rally pada 19-21 Mei, dan Southern Ohio Forest Rally pada 8-10 Juni mendatang dengan mobil Subaru BRZ.