Ford Puma EV 2024 Hadir dengan Sistem Pengisian Daya Tercepat
Ford Puma EV 2024. (Dok. Hotcars)

Bagikan:

JAKARTA - Seperti apa yang sudah dikabarkan sebelumnya, Ford akan merilis Puma terbaru dengan tenaga listrik untuk 2024. Puma EV nantinya akan memakai platform dan powertrain yang sama dengan van listrik, Ford E-Transit Courier.

Dengan platform B2E yang memiliki sistem penggerak roda depan, diperkirakan Puma EV tersebut akan memiliki spesifikasi yang sama dengan van listrik teranyar tersebut.

Dikutip dari Autocar, Kamis, 6 April, Ford saat ini sedang mengerjakan satu unit baterai untik E-Transit Courier, yang dapat mengisi daya dengan kecepatan 100 kW yang dapat mengisi daya dari 10-80% dalam kurun waktu 35 menit. Baterai tersebut juga memiliki kapasitas 55 kWh yang di atas kertas mampu berjalan hingga 370 km.

Kemungkinan juga, Ford Puma EV akan menggunakan motor listrik dengan daya 132 dk. Tidak hanya itu, kemungkinan Ford juga akan menyematkan motor listrik bertenaga 178 dk dan 261 dk yang digunakan juga pada E-Transit besar.

Karena mobil ini memiliki daya listrik serta performa yang luar biasa, Puma EV diperkirakan akan dijual di atas Puma versi pembakaran internal saat ini, sekitar 25.000 pounds hingga 35.000 pounds (sekitar Rp462,6 jutaan hingga Rp647,6 jutaan).

Selain Puma, Ford telah melakukan elektrifikasi pada model lainnya, seperti Mustang, F-150, Transit, dan yang terbaru Ford Explorer yang diberikan platform MEB dari Volkswagen. Perusahaan asal Amerika Serikat tersebut juga sedang menggarap sebuah SUV dengan nama ikonik, yakni Ford Capri yang akan diproduksi mulai 2024.

Dalam dua tahun terakhir, Puma merupakan model terlaris yang pernah diproduksi Ford, menggantikan posisi Fiesta yang akan segera dipensiunkan.