Bagikan:

JAKARTA - Ford kembali meluncurkan model jajaran elektrifikasi terbaru, E-Tourneo Courier 2024. Mobil tersebut merupakan kendaraan yang memiliki rupa seperti SUV.

Kendaraan ini merupakan saudara dari mobil van komersil milik Ford, E-Transit Courier yang dirilis beberapa waktu lalu. Mobil ini memiliki kapasitas lima tempat duduk dengan desain kompak.

Lalu pada bagian interior, dasbor yang dihadirkan pada E-Tourneo memiliki kesamaan dengan E-Transit dengan beberapa fitur seperti panel instrumen full digital yang dinamakan "Digiboard" dan SYNC 4 infotainment controlled dengan layar sentuh berukuran 12 inci.

Sistem pengoperasiannya sudah menggunakan Android Auto dan Apple CarPlay dan tempat untuk mengisi daya gawai telah tersedia. Ditawarkan juga fitur peningkatan dari over-the-air (OTA).

Dilansir dari Motor1, Senin, 15 Mei, E-Tourneo dihadirkan dengan dua mesin, yaitu powertrain bertenaga listrik dan mesin bensin. Untuk varian listrik, E-Tourier menggunakan motor listrik yang sama dengan E-Transit yang menghasilkan 134 dk di bagian depan. Untuk varian ini, pengguna dapat memilih mode Normal, Eco, ataupun Slippery.

Meskipun pabrikan belum mengungkapkan kapasitas dan jenis baterai yang digunakan, E-Tourier dapat diisi daya berkekuatan 11 kW AC dan 100 kW DC.

Pengisian daya AC membutuhkan waktu sekitar lima jam dari 10 hingga 100 persen. Sedangkan pengisian daya DC kurang 35 menit dari 10 hingga 80 persen.

Ford belum memberitahu perihal varian mesin bensin. Namun, E-Tourier bermesin bensin sudah dapat dipesan saat musim panas ini dan akan dikirimkan sebelum akhir 2023.

Sedangkan varian listrik, akan memasuki masa produksi pada paruh kedua 2023 dan akan dikirimkan pada akhir 2024.

Kedua varian ini akan dibuat di pabrik Ford yang terletak di Craiova, Romania, pabrik yang sama dengan Puma bertenaga listrik yang akan datang. E-Tourneo Courier merupakan satu dari 10 model elektrifikasi Ford yang akan ditawarkan pada 2024 mendatang.