Soal Model Pikap Listrik, Nissan: Belum Dulu
Nissan Frontier 2022. (Dok. Nissan)

Bagikan:

JAKARTA - Dengan pengembangan motor listrik e-Power, jalur Nissan menuju era elektrifikasi semakin jelas. Pabrikan otomotif asal Jepang tersebut mulai menunjukkan tajinya untuk pindah ke ranah elektrifikasi secara bertahap.

Nissan berniat untuk menjadikan beberapa model yang telah ada untuk dijadikan kendaraan bertenaga listrik. Mulai dari pikap seperti Frontier dan SUV yang telah ada atau model baru.

Senior Vice President, Global Product Planning & Program Management, Ivan Espinosa, mengatakan bahwa powertrain e-Power ini masih harus dikembangkan lebih lanjut, terutama untuk kendaraan pikap.

Ia juga mengatakan bahwa dalam pengembangan powertrain yang dibuat oleh Nissan diharapkan bisa memenuhi kebutuhan pelanggan kendaraan listrik.

"Salah satu hal yang kami pertimbangkan adalah bahwa e-Power bukanlah solusi terbaik untuk pikap. Ini sangat bagus untuk pemuatan barang, sama seperti EV. Namun kalau menyangkut pikap, belum. Kami sedang mengusahakannya," ujar Espinosa seperti yang dikutip dari CarBuzz, Minggu, 14 Mei.

Nissan telah memproduksi kendaraan listrik seperti Nissan Leaf dan Ariya tapi Nissan menyadari bahwa publik belum menerima sepenuhnya kendaraan bertenaga listrik.

Sebelumnya Nissan mengembangkan e-Power dengan rangkaian kendaraan berteknologi hybrid yang menggunakan powertrain tersebut yang digabungkan dengan mesin pembakaran agar mobil-mobil garapan Nissan dapat menerima penambahan jarak tempuh.

Namun teknologi e-Power dari Nissan sepertinya belum cocok untuk digunakan ke dalam model pikap ataupun SUV berukuran besar.

Pengembangan tersebut membutuhkan proses yang tidak bisa diselesaikan dengan singkat. Espinosa juga mempertimbangkan akan menggarap versi listrik dari Navara atau Terra, tergantung dari tren pasar.

Espinosa juga menggambarkan bukan tidak mungkin ke depan akan hadir banyak model dengan powertrain e-Power ini.

"Dan pada saat itu, kita akan melihat seberapa jauh kita melangkah dengan pikap. Apakah kita melakukan EV pada segmen ini atau e-Power. Bisa juga akan ada beberapa solusi yang bisa kita lakukan," tambah Espinosa.

Seperti pabrikan lainnya, akhir dekade ini Nissan berencana pindah sepenuhnya ke ranah elektrifikasi. Tidak heran beberapa nama lawas seperti Frontier, GT-R, Terra, ataupun Z akan menjadi kendaraan listrik pada masa yang akan datang.