Bagikan:

JAKARTA - Produsen mobil asal Amerika Serikat, Ford mengatakan akan memperkenalkan van listrik terbaru dengan nama E-Transit Courier pada 6 April mendatang, seperti dilansir Autocar, Senin, 3 April 2023.

Di antara sembilan model jajaran EV yang diumumkan oleh Ford, E-Transit Courier satu-satunya yang merupakan mobil berjenis van yang belum ditampilkan. Van listrik tersebut akan tiba pada tahun 2024.

Versi entry-level van listrik Courier akan mengikuti ukuran E-Transit Custom, begitu pula dengan versi standar. Ford pertama kali menghadirkan E-Transit listrik ke pasar pada tahun 2021 dengan konfigurasi standar dan full-body.

E-Transit Custom akan tiba di pasar dalam beberapa waktu dekat. E-Transit Courier dengan ukuran lebih kecil kemungkinan akan menggunakan platform B2E yang diproduksi Ford. Dengan platform ini, mobil tersebut dapat diadaptasikan untuk powertrain gas dan listrik.

Belum dipastikan waktu pengumuman resminya, namun kemungkinan akan berdekatan dengan Puma EV yang juga akan dipasarkan pada tahun 2024.

Beredar kabar bahwa van tersebut akan memiliki kapasitas muatan yang lebih rendah bila dibandingkan dengan model mesin pembakaran. Hal tersebut dikarenakan van ini ditanami baterai dengan bobot yang berat.

Tak hanya itu, baik van E-Transit ukuran besar maupun sedang akan mengalami penurunan kapasitas dibandingkan model bertenaga bensin.