Motor Balap Legendaris Ducati Ini akan Dilelang
Ducati 125 Barcone. (Doc. Bonhams)

Bagikan:

JAKARTA - Pameran sepeda motor klasik internasional tahunan "Spring Stafford Sale" akan berlangsung pada 22-23 April tahun ini di Inggris.

Salah satu hal menarik dari acara ini adalah pelelangan, dan salah satu motor yang akan dilelang adalah motor balap legendaris Ducati 125 cc Desmodromic "Barcone" yang pernah dikendarai oleh Mike Hailwood pada ajang balap Grand Prix 1960.

Ducati Mike Hailwood merupakan salah satu motor balap terbaik yang pernah diproduksi oleh Ducati. Dikutip dari Rideapart, Selasa, 4 April 2023, Barcone dapat menghamburkan tenaga 21,8 dk pada 11.800 rpm yang dilengkapi dengan transmisi enam percepatan. Mesin juga dilengkapi dengan lembar instruksi yang mencatat spesifik mengenai motor tersebut, seperti spesifikas oli, penggunaan bahan bakar yang tepat, raihan terbaik motor, dan catatan teknis lainnya.

Motor ini memiliki kode mesin D1 dan hanya tersedia empat mesin prototype yang dipakai dalam balapan dari D1 hingga D4, yang diproduksi secara eksklusif pada masanya. Mike Hailwood menunggangi 125 Barcone D1 tersebut dengan meraih sembilan kemenangan berturut-turut dalam kelas 125 cc.

Setelah Mike menandatangani kontrak dengan Honda, ayahnya, Stan Hailwood memutuskan untuk menjual Barcone, tetapi 125 Barcone D1 telah dicatatkan ke dalam buku sejarah Ducati. 

Kini, motor tersebut menjadi bagian dari koleksi Keluarga Forshaw selama 41 tahun dan akan ditawarkan pada pelelangan Bonhams dengan beberapa dokumen dan suku cadang.

Dengan keunikannya dan sejarah yang sangat kaya, motor ini akan menjadi barang koleksi yang sangat berharga bagi siapa saja yang berhasil memilikinya, Barcone 125 kemungkinan akan terjual antara 95.000 hingga 120.000 poundsterling (sekitar Rp1,75 miliar dan Rp2,21 miliar).