Sukses di Eropa, Energica Jajaki Pasar Jepang dan Australia
Motor touring listrik Energica Experia. (Dok. Energica)

Bagikan:

JAKARTA - Energica, produsen sepeda motor listrik asal Italia, mungkin terdengar asing, tengah memperluas pasar mereka ke Jepang, Pakistan, Australia, dan Selandia Baru. Langkah ini diambil setelah Energica berhasil meraih kesuksesan di pasar Eropa.

Energica telah membangun reputasi yang cukup baik di pasar Eropa, menyusul kesuksesan mereka di seri balap MotoE. Namun dikutip Rideapart, 23 Maret, mereka cukup kesulitan menembus pasar Amerika Serikat karena adopsi pasar sepeda motor listrik di sana dinilai masih lama.

Di lain sisi, pasar sepeda motor listrik di Asia memang tengah bergairah, karena semakin banyak negara memberi insentif untuk transisi ke kendaraan listrik. Energica akan menawarkan model-model andalannya, seperti Experia, Ego, Eva Ribelle, dan Eva EsseEsse9 di pasar Jepang dan Australia.

Khusus di pasar Jepang, Energica telah bermitra dengan Estar & Co. Ltd. Perusahaan telah membuka showroom Energica di Kobe. Setelah itu, perusahaan berharap dapat membangun jaringan distribusi yang solid di seluruh Jepang. Bahkan, Estar menampilkan model Energica di Tokyo Motorcycle Show dari 24 hingga 26 Maret.

Untuk pasar Australia, Energica telah menjalin kemitraan dengan Australian Electric Motor Co. Perusahaan ini yang akan mengimpor model Energica tertentu dan menyiapkan jaringan distribusi di Australia dan Selandia Baru. Di antara model yang akan dirilis termasuk motor touring Energica Experia.

Khusus Experia, motor ini dirilis pada akhir Mei 2022. Menjadi sepeda motor listrik touring petualangan pertama Energica. Motor ini menuai respons positif di pasar dengan teknologi baterai yang lebih ringan dan lebih efisien. 

r
Kapasitas baterai listrik 22.5 kWh. (Dok. Energica)

Bahkan, kapasitas baterai 22,5 kWh diklaim terbesar dari semua sepeda motor listrik, mampu menempuh jarak hingga 420 km dalam sekali pengisian daya. Untuk pengisian daya juga cepat, 0-80 persen dalam waktu 40 menit saja.

Motor seberat 260 kg ini memiliki tenaga puncak mencapai 101 HP dengan torsinya 115 Nm dan kecepatan tertinggi yang dibatasi 180 km/jam. Untuk harga, di Amerika Serikat, Energica Experia ditawarkan mulai 23.750 dolar AS atau sekitar Rp360 juta.