Bagikan:

JAKARTA - Chery, merek otomotif asal China, berencana memperluas cakupan pasarnya ke Eropa dengan langkah menuju Italia. Rencananya, perusahaan ini akan menghadirkan kendaraan bermerek Omoda dan Jaecoo pada kuartal ketiga tahun ini.

Tak hanya itu, Chery juga berencana mengenalkan tiga model SUV dari kedua sub-brand ini dengan beragam jenis bahan bakar untuk pasar Eropa. 

Dilaporkan oleh Reuters, Senin, 25 Maret, Chery berencana memulai penjualan di Italia dengan membawa Omoda 5 dan Jaecoo 7 bermesin bensin, diikuti oleh varian Omoda 5 yang berbasis EV dan Jaecoo 7 plug-in hybrid (PHEV) pada akhir 2024.

Chery adalah salah satu dari sejumlah perusahaan China yang ingin memperkenalkan kendaraan terjangkau ke pasar Eropa, dengan fokus pada kendaraan listrik. Meskipun harga kendaraannya di Italia belum diumumkan, Omoda 5 telah tersedia untuk pembelian di Spanyol dengan harga 29.900 euro (sekitar Rp510,7 juta).

4

Perusahaan telah memulai penjualan di Spanyol pada awal tahun ini, dan akan memasuki pasar Inggris dan Polandia sebelum akhir 2024, diikuti oleh beberapa negara lain di Eropa. Chery, yang berbasis di Wuhu, China, juga sedang mempertimbangkan untuk membangun pabrik perakitan di Eropa, dan telah melakukan pembicaraan dengan pihak berwenang di Italia mengenai rencana investasi ini.

Direktur Chery Automobile Italia, Allen Jean, mengungkapkan bahwa mereka juga akan memperluas jaringan layanan di Eropa, termasuk dealer dan layanan purna jual, untuk membangun reputasi merek mereka. 

"Memastikan layanan purna jual yang efisien adalah prioritas kami," kata Jean.

Perusahaan juga sedang dalam pembicaraan untuk membuka 40 dealer baru di Italia, dengan target mencapai 60 layanan pada akhir tahun ini.