Bagikan:

JAKARTA - Salah satu merek otomotif dari China, Chery memiliki rencana ambisius dalam menawarkan kendaraannya untuk pasar Eropa. Bahkan, mereka berencana untuk merakit kendaraannya di Inggris.

Chery Country Director UK Victor Zhang, mengatakan bahwa kepastian hal ini tinggal menghitung waktu sebelum perusahaan tersebut mengambil keputusan final.

“Untuk Inggris, kami juga sedang mengevaluasi. Sejujurnya, kami terbuka untuk semua opsi dan peluang,” kata Zhang dikutip dari BBC International, Senin, 9 September.

Ia menambahkan, ini merupakan pendekatan yang dilakukan oleh pihaknya untuk menarik minat konsumen pasar Eropa setelah perusahaan tersebut juga membangun pabrik di Spanyol beberapa waktu lalu.

“Pabrik di Barcelona merupakan salah satu wujud komitmen kami di Eropa,” tambah Zhang.

Juru bicara dari Departemen Bisnis, menggambarkan sektor otomotif Inggris sebagai sektor yang berkembang dan memandang hal ini sebagai sesuatu yang positif untuk industri di negara tersebut.

“Meskipun kami tidak dapat berspekulasi mengenai keputusan investasi komersial, kami menyambut baik peluncuran Omoda Chery International di Inggris dan akan memandang positif setiap investasi baru di Inggris,” kata juru bicara tersebut.

Inggris bukan satu-satunya negara yang akan didirikan pabrik. Chery juga telah berbicara dengan pemerintah Italia mengenai pengaturan produksi di negeri Pizza tersebut.

Meskipun akan membangun pabrik di Eropa, pabrikan bermarkas di Wuhu ini membantah langkahnya tersebut akan tergantung pada negara mana saja yang mampu menawarkan insentif lebih baik.

“Ini bukan hanya sekadar kebijakan atau insentif pemerintah. Kalian juga perlu melihat pasar itu sendiri dari berbagai aspek, misalnya pendidikan, karena anda membutuhkan beberapa orang yang bertalenta seperti insinyur dan pekerja pabrik, kemudian ada juga rantai pasokan, dan logistik,” pungkas Zhang