Bagikan:

JAKARTA - Chery kabarnya akan memperkenalkan merek terbarunya di pasar Eropa dalam dua tahun ke depan dan berencana untuk segera memulai perakitan di benua biru pada tahun 2024.

Pengumuman ini datang dari Managing Director Chery Europe, Jochen Tueting, yang mengungkapkan bahwa perusahaan saat ini sedang mengakselerasi peluncuran merek Omoda dan Jaecoo di pasar Eropa, termasuk negara-negara seperti Jerman, Inggris, Spanyol, dan Prancis.

"Kami sangat fokus pada kedua merek ini di segmen SUV yang sedang berkembang, dengan harapan dapat meningkatkan penjualan dengan cepat," ujar Tueting seperti yang dilaporkan oleh Reuters, Senin, 2 Oktober.

Dia juga mengungkapkan bahwa pada akhir tahun 2025, Chery dari China akan memperkenalkan tiga model SUV dari masing-masing merek, termasuk model listrik (EV), bahan bakar, dan hybrid, yang akan tersedia untuk pasar Eropa.

Selain itu, Chery juga berencana untuk meluncurkan merek Exlantix yang akan fokus secara eksklusif pada mobil listrik (EV) pada awal tahun 2025. Awal tahun ini, Chery telah bermitra dengan Anhui Jianghuai Automobile Group untuk mengembangkan platform mobil listrik (EV) untuk merek tersebut.

Meskipun Komisi Eropa telah membuka penyelidikan terkait potensi tarif hukuman untuk melindungi produsen mobil Uni Eropa terhadap impor kendaraan listrik China yang lebih terjangkau dan dianggap mendapatkan manfaat dari subsidi negara, Tueting mengatakan bahwa Chery tidak khawatir dengan penyelidikan tersebut. Ia menegaskan bahwa jika performa merek mereka sesuai dengan harapan, mereka dapat mempertimbangkan untuk mendirikan pabrik perakitan di Eropa pada tahun 2024.

"Ketika pasar memberikan kepercayaan bahwa kami dapat menjual dalam volume yang tepat, itu akan menjadi indikasi bahwa kami harus memiliki produksi lokal," jelas Tueting.

Setelah menjelajahi pasar Asia, Chery Omoda 5 dengan mesin konvensional (ICE) akan membuat debutnya di Spanyol, sementara versi mobil listrik (EV) akan tersedia di Jerman mulai April tahun depan. SUV kompak ini akan ditawarkan dengan harga yang kompetitif, sekitar 30.000 euro atau setara dengan Rp488,1 juta.

Chery Omoda 5 sebelumnya telah hadir di Indonesia dengan empat varian yang berbeda, termasuk Z, RZ, GT, dan EV. Varian Z dan RZ menawarkan dua opsi mesin: mesin TGDI 1.600 cc dengan tenaga 194 hp dan torsi 290 Nm, serta mesin 1.500 cc TCI dengan tenaga 155 hp dan torsi 230 Nm. Harga Chery Omoda 5 saat ini berkisar antara Rp329 juta untuk varian Z hingga Rp399 juta untuk varian RZ.

Baru-baru ini, Chery juga meluncurkan varian tertinggi dari Omoda 5 versi mesin konvensional (ICE), yaitu GT, dengan harga mulai dari Rp448,8 juta untuk varian FWD dan Rp488,8 juta untuk varian AWD.

Sementara itu, harga resmi untuk Chery Omoda 5 versi mobil listrik (EV) belum diumumkan, tetapi pelanggan dapat melakukan pre-booking dengan biaya Rp10 juta