Belum Lama Meluncur Secara Global, Tesla Model 3 "Highland" Masuk Pasar Malaysia
Tesla Model 3 "Highland". (Dok. Tesla)

Bagikan:

JAKARTA - Setelah pengenalan globalnya awal bulan September lalu, versi facelift dari Tesla Model 3, yang dikenal sebagai "Highland," secara resmi telah tiba di markas Tesla Malaysia di Cyberjaya, Malaysia.

Dilansir dari Paultan, Senin, 2 Oktober, Tesla Model 3 terbaru ini hadir dalam dua varian dengan harga yang berbeda. Versi dasar dari model ini, yaitu Rear-Wheel Drive (RWD), akan dibanderol dengan harga 189.000 ringgit atau sekitar Rp623,2 juta. Sementara itu, versi dengan motor listrik ganda All-Wheel Drive (AWD) dijual seharga 218.000 ringgit atau setara Rp718,8 juta untuk pasar Malaysia.

Model 3 yang telah diperbarui menampilkan bodi yang lebih ramping, peningkatan aerodinamika, serta dimensinya yang sedikit lebih rendah, lebih panjang, dan lebih sempit dibandingkan dengan model sebelumnya karena revisi pada bodinya.

Dalam hal desain, perubahan yang paling mencolok terlihat pada bagian depan yang lebih tajam, dengan garis karakter yang lebih bersih. Desain lampu depan juga telah mengalami perubahan dengan lampu LED daytime running signature yang memberikan kesan mirip dengan Tesla Model X yang juga mengalami pembaruan tahun ini.

Lipatan tajam pada tutup mesin juga melanjutkan hingga ke fender, sementara bagian belakang hadir dengan lampu belakang berbentuk C yang menarik dan desain roda berbilah baru yang menambah unsur estetika.

4

Tesla juga memperkenalkan dua warna baru, yaitu Ultra Red dan Stealth Gray, yang diklaim akan berubah tampilan sesuai dengan cahaya dan sudut pandang. Kedua warna ini menggantikan Red Multi-Coat sebagai pilihan warna premium.

Untuk interior Model 3, Tesla telah menciptakan nuansa ruang santai dengan paduan material aluminium dan kain. Pencahayaan ambient juga telah ditambahkan, sementara kaca akustik meningkatkan peredam suara. Kendaraan ini dilengkapi dengan layar belakang baru berukuran 8 inci yang memiliki kontrol iklim, ventilasi, dan sistem infotainment terintegrasi.

Tesla juga memasukkan sistem audio 17-speaker dengan dua subwoofer dan dua amplifier untuk varian Long Range AWD, sementara versi Standard Range RWD dilengkapi dengan sembilan speaker, satu subwoofer, dan satu amplifier.

Dalam hal pengalaman berkendara, kombinasi bodi yang lebih kokoh dan penyetelan suspensi yang diperbarui diklaim membuat perjalanan lebih nyaman. Tesla juga menggantikan tuas transmisi dengan kendali "gear" di kemudi, mirip dengan yang ada pada Model S dan Model X, yang menghasilkan kualitas pengendaraan yang lebih halus dan santai.

Berbicara tentang performa, mobil listrik coupe ini memiliki kemampuan untuk mencapai kecepatan 0-100 km/jam dalam waktu 6,1 detik dengan kecepatan maksimum mencapai 201 km/jam untuk versi dasar. Sementara itu, varian AWD memiliki kemampuan akselerasi yang lebih cepat, mencapai 0-100 km/jam dalam 4,4 detik dengan kecepatan maksimum yang sama seperti versi dasarnya.

Varian dasar Standard Range RWD sekarang dapat menempuh jarak hingga 606 km dengan satu pengisian baterai, dibandingkan dengan hanya 490 km pada model sebelumnya. Sementara itu, Model 3 Long Range AWD meningkat dari 600 km menjadi 629 km.