Bagikan:

JAKARTA - Tesla Model 3 Highland resmi hadir di pasar Malaysia bersamaan dengan perkenalan Tesla Experience Center di Paviliun Damansara Heights.

Dikutip dari laman Paultan, Jumat, 20 Oktober, Tesla Model 3 Highland hadir dengan dua varian, yakni standar dengan kisaran harga Rp626 jutaan, serta varian tertinggi Rp723 jutaan. Versi Model 3 lebih murah dibandingkan saudaranya Model Y dengan spesifikasi setara.

Untuk spesifikasinya, Tesla Model 3 Highland standar hadir dengan motor listrik tunggal yang memiliki jangkauan perjalanan maksimum 513 km (siklus WLTP) dengan sekali pengisian daya, dan angka performanya mencakup waktu 0-100 km/jam dalam 6,1 detik dan kecepatan tertinggi 201 km/jam. RWD Standar dapat mendukung kecepatan pengisian DC hingga 170 kW.

Sesuai dengan julukannya, Model 3 Long Range AWD memiliki dua motor, dan juga mendapat baterai berkapasitas lebih besar, yang memungkinkannya menempuh jarak hingga 629 km dengan sekali pengisian daya, sekali lagi diukur pada siklus WLTP. Tingkat pengisian DC yang lebih tinggi sebesar 250 kW.

Penyegaran ini membawa perubahan kecil pada eksterior Model 3. Lampu depan pada facelift kini lebih ramping dan mobil mendapatkan lampu LED siang hari yang lebih menonjol. Lampu kabut telah dihilangkan, digantikan oleh satu ventilasi sentral, yang memberi mobil ini kesan yang lebih baik. Tampilan lebih agresif, pada bagian belakang mendapat lampu baru serta bumper yang didesain ulang.

5
Dua pilihan Tesla model 3 yang hadir di Malaysia. (Dok. Twitter/@Soya_Cincau)

Sebagai standar, Model 3 hadir dengan finishing eksterior Pearl White Multi-Coat, namun ada pilihan warna lain yang dikenakan biaya tambahan sebesar Rp15 jutaan untuk mendapatkan warna Solid Black atau Deep Blue Metallic, sementara itu untuk warna Stealth Grey harus merogoh kocek Rp24 jutaan dan Ultra Red Rp36 jutaan.

Kustomisasi tidak berhenti di situ. Autopilot disertakan pada Model 3, tetapi pembeli dapat meningkatkan ke Enhanced Autopilot seharga Rp53 jutaan, dan Full Self-Driving seharga Rp106 jutaan.

Secara umum, Model 3 hadir dengan interior hitam, namun pembeli dapat menentukan interior putih dengan harga lebih mahal Rp15 jutaan.

Berbicara tentang interior, kabin facelift menjadi tempat yang lebih senyap dari sebelumnya, berkat penggunaan kaca akustik dua panel. Alhasil bisa menangkal kebisingan angin dan lingkungan sekitar sebesar 30 persen dan pengurangan kebisingan akibat benturan permukaan sebesar 25 persen, dan peningkatan kebisingan jalan raya sebesar 20 persen.