Tesla Memilih Malaysia sebagai Basis Bisnis Operasional di Asia Tenggara
Tesla Model 3 (sumber : Tesla)

Bagikan:

JAKARTA - Perusahaan kendaraan listrik asal Amerika Serikat (AS), Tesla, saat ini sedang melebarkan sayapnya di pasar global. Wilayah seperti Amerika Utara, Eropa, dan Asia berhasil mereka sambangi dengan menghadirkan produknya ke berbagai negara.

Baru-baru ini, Tesla kembali meluncurkan operasi bisnisnya untuk Asia Tenggara. Perusahaan yang dipimpin oleh Elon Musk mempercayakan Malaysia sebagai basis dari operasi bisnisnya sekaligus meluncurkan Model Y di Negeri Jiran.

Dilansir dari Nikkei Asia, Kamis, 20 Juli, dipilihnya Malaysia sebagai markas operasionalnya untuk Asia Tenggara ialah dukungan serta kebijakan yang dibuat oleh pemerintahnya akan kendaraan listrik sangat baik.

Terlebih lagi, ada rencana bahwa pengisian daya cepat Tesla Suoercharging akan dihadirkan di Malaysia. Dengan ini, pemerintah Malaysia bersedia mempersiapkan infrastrukturnya.

Tengku Zafrul Abdul Aziz, selaku Menteri Investasi, Perdagangan, dan Industri Malaysia, mengatakan bahwa pihaknya memuji kinerja Tesla dalam melakukan ekspansi di Malaysia.

"Kehadiran Tesla di sini juga akan membantu meningkatkan kredensial pro-bisnis dan pro-investasi Malaysia di panggung global dan kami berharap dapat menyambut lebih banyak investor multinasional yang memiliki visi yang sama untuk mengembangkan pertumbuhan ekonomi yang lebih berkelanjutan, seimbang, dan inklusif bagi bangsa kami," ucap Abdul Aziz.

Meneruskan apa yang dikatakan Abdul Aziz, Liew Chan, selaku Wakil Menteri Investasi, Perdagangan, dan Industri Malaysia, mengatakan bahwa peran pemerintah sangat krusial dengan menyediakan segalanya sehingga ekosistem kendaraan listrik harus lengkap tanpa memihak siapapun.

"Ada rantai nilai yang sangat besar untuk dikembangkan dan kedatangan Tesla adalah sebuah dorongan," kata Liew.

Demi melancarkan keberlangsungan ekosistem kendaraan listrik, Tesla telah menyediakan Supercharging dalam ruangan yang terletak di pusat perbelanjaan di Malaysia.

Tidak hanya sampai disitu, Tesla juga telah membuka pemesanan online untuk Model Y dan Model 3 untuk pasar Negeri Jiran. Pabrikan asal AS tersebut nuga membuka kantor pusat serta Tesla Experience and Service Center sebagai bagian dari program Global Leaders Battery Electric Vehicle (BEV) di Malaysia.