Bagikan:

JAKARTA - Mobil listrik buatan China saat ini sedang naik daun.

Menyadari tren tersebut, berbagai pabrikan dari Negeri Tirai Bambu ini mulai memperluas jangkauan pasar global dengan menawarkan produknya.

Tidak hanya memiliki teknologi serta performa unggulan, pabrikan asal China menawarkan berbagai modelnya dengan harga yang relatif murah untuk ukuran kendaraan listrik.

Salah satu pembuat mobil yang melakukan hal ini, ialah BYD.

BYD merupakan pabrikan asal China yang telah mengencangkan sabuknya di pasar global yang akan bersaing dengan berbagai pabrikan besar Eropa maupun Jepang dan Korea Selatan.

Salah satu upaya yang mereka lakukan ialah menghadirkan berbagai produknya di berbagai negara, salah satunya Malaysia. Baru-baru ini, BYD merilis sebuah mobil pratinjau pembaruan dari hatchback listrik andalannya, Dolphin.

Dilansir dalam laman paultan, Jum'at, 21 Juli, BYD memamerkan versi pratinjau dari pembaruan Dolphin tersebut dalam acara Electric Vehicle Expo (EVx) 2023 yang berlangsung pada 22-23 Juli.

BYD Dolphin memiliki ukuran yang hampir sama dengan hatchback lainnya, Toyota Yaris, yakni dengan panjang 4.150 mm, lebar 1.770 mm, tinggi 1.570 mm, dan wheelbase 2.700 mm.

Meskipun pabrikan belum memberikan informasi lebih lanjut, namun dikabarkan bahwa model yang ditawarkan sama seperti Thailand dengan varian Standard Range dan Extended Range.

Sebagai gambaran, Standard Range dibekali baterai Blade lithium iron phosphate (LFP) berkapasitas 44,92 kWh yang mampu menjangkau hingga 410 km.

Sedangkan, varian Extended Range memiliki jangkauan yang lebih tinggi hingga 490 km dalam sekali pengisian daya, berkat baterai berkapasitas 60,48 kWh.

Kedua varian ini kompatibel dengan pengisian daya cepat DC 60 kW untuk Standard Range dan 80 kW untuk Extended Range. Kedua tipe ini juga cocok untuk pengisian daya AC 7 kW dan telah didukung fitur vehicle-to-load (V2L).

Bila melihat beberapa produk yang ditawarkan, BYD pastinya akan membanderol mobil tersebut dengan harga terjangkau untuk pasar Malaysia.

Sebagai gambaran, Standard Range dibanderol seharga 699.999 baht atau setara Rp306,2 juta dan Extended Range seharga 859.999 baht atau sekitar Rp376,1 jutaan.

Setelah pameran EVx 2023 berakhir, BYD akan meluncurkan versi produksi dari Dolphin untuk pasar Malaysia pada 27 Juli mendatang. Dolphin akan menyusul Atto 3 sebagai kendaraan BYD yang dipasarkan di Negeri Jiran.