Divisi Manufaktur Toyota Berkomitmen untuk Meningkatkan Pendidikan Otomotif di Indonesia
Serah terima bantuan alat peraga pendidikan oleh Wakil Presiden Direktur TMMIN Bob Azam ke Kepala SMK Mitra Industri 02 Pati Indra Wijaya. (Dok. TMMIN)

Bagikan:

JAKARTA - PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), divisi manufaktur Toyota untuk Indonesia, baru-baru ini melakukan donasi dua mesin mobil kepada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Mitra Industri 02 Pati, Jawa Tengah.

Pemberian dua mesin mobil Toyota ini bertujuan untuk mendukung pendidikan di sekolah tersebut dengan menyediakan alat praktik yang relevan. Donasi ini dilakukan sebagai langkah persiapan menghadapi era elektrifikasi kendaraan bermotor, sehingga Indonesia dapat tetap bersaing dalam industri otomotif yang semakin maju.

"Dengan memberikan donasi mesin ini, TMMIN menunjukkan komitmen kami untuk berperan aktif dalam program pemerintah yang bertujuan meningkatkan kapabilitas sumber daya manusia di industri, yang terampil dan handal," ujar Bob Azam, Wakil Presiden Direktur TMMIN dalam keterangannya, Kamis, 20 Juli.

Seremoni penyerahan donasi ini turut dihadiri oleh Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Moderasi Beragama Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Warsito, Pj. Bupati Pati Jateng Henggar Budi Anggoro, serta Kepala SMK Mitra Industri 02 Pati, Indra Wijaya.

Sebelumnya, TMMIN telah memberikan bantuan lain kepada lima SMK binaan Toyota, yaitu lima mobil dan lima mesin sebagai alat praktikum pendidikan. Selain itu, para pengajar juga mendapatkan apresiasi dengan penyerahan sertifikasi "Peningkatan Profesionalitas Guru" kepada 30 guru.

Bob menegaskan bahwa Toyota berkomitmen untuk aktif dalam program revitalisasi pendidikan vokasi dengan memberikan pelatihan bersertifikasi bagi para pengajar dan mengenalkan budaya industri. Selanjutnya, Toyota juga berfokus pada pengembangan kurikulum agar dapat diadopsi oleh SMK dan menghasilkan lulusan dengan keterampilan terkini yang relevan dengan dunia industri.

AKTI (Akademi Komunitas Toyota Indonesia) juga akan terus mengembangkan kurikulumnya agar dapat mendukung dan berkolaborasi dengan SMK dalam menciptakan SDM yang kompeten dalam bidang otomotif.

Dengan adanya dukungan ini, diharapkan para siswa SMK Mitra Industri 02 Pati dan SMK binaan Toyota lainnya dapat memiliki akses ke pendidikan berkualitas dan relevan dengan tuntutan dunia otomotif yang terus berkembang. Semoga donasi dan program pendidikan dari Toyota dapat memberikan kontribusi positif bagi kemajuan industri otomotif dan pembangunan sumber daya manusia Indonesia.