Bagikan:

JAKARTA - Toyota tengah mengambil langkah maju dalam pengembangan kendaraan elektrifikasi guna menciptakan mobil bebas emisi di masa mendatang. Langkah Toyota ini juga diikuti oleh merek premium miliknya, Lexus.

Setelah berhasil meluncurkan beberapa produk elektrifikasi seperti Lexus RZ450e sebagai Battery Electric Vehicle (BEV) perdananya dan beberapa kendaraan hybrid seperti RX500h F Sport+, kini pabrikan berniat untuk menghadirkan mobil SUV ramah lingkungan berikutnya.

Menurut laporan yang dikutip dari InsideEVs pada Kamis, 20 Juli, Lexus sedang dalam tahap pengembangan sebuah SUV tiga baris yang akan ditenagai oleh listrik. Hal ini terbukti dari pengajuan empat dokumen merek dagang baru ke European Union Intellectual Property Office (EUIPA) pada tanggal 19 Juli lalu, dengan nama model yang dipatenkan adalah Lexus TZ.

Empat merek dagang yang diajukan oleh Lexus antara lain adalah TZ450e dan TZ550e. Huruf "Z" yang disematkan pada nama model ini memiliki makna yang familiar bagi Toyota maupun Lexus, karena merujuk pada model Battery Electric Vehicle (BEV) yang mereka miliki.

Sebagai contoh, Toyota telah meluncurkan bZ4x sebagai mobil BEV pertamanya di pasar global, sementara Lexus memiliki RZ450e sebagai mobil bertenaga listrik pertama dari merek tersebut.

4
All New bZ4X adalah mobil listrik pertama yang dibangun di atas arsitektur Battery Electric Vehicle (BEV) yang memanfaatkan platform e-TNGA. (Dok. Toyota)

Meskipun informasi terperinci mengenai merek dagang tersebut masih terbatas, namun diperkirakan bahwa Lexus TZ akan mengadopsi desain dari RZ, dengan bodi yang lebih dinamis dan ditambahkan elemen sporty khas Lexus.

Diprediksi bahwa Lexus TZ akan menggunakan platform e-TNGA, yaitu arsitektur khusus yang dikembangkan oleh Toyota untuk SUV listrik. Platform e-TNGA menggunakan beberapa komponen yang berasal dari versi kendaraan dengan mesin pembakaran dalam (ICE) yang ada di dalam keluarga TNGA.

Rencananya, SUV listrik tiga baris ini akan diproduksi di pabrik Georgetown Assembly yang terletak di Kentucky, Amerika Serikat mulai tahun 2025 mendatang.

Sebagai tambahan informasi, Lexus sebelumnya telah menggunakan nama "T" dalam modelnya, dan yang terbaru adalah Lexus TX 2024 yang merupakan kembaran dari Toyota Highlander. Meskipun TX 2024 dilengkapi dengan mesin bensin, Lexus juga menawarkan varian hybrid dengan nama TX550h+ yang dilengkapi mesin 3,5 liter V6 plug-in hybrid dengan daya hingga 406 dk.