Toyota Berniat Perluas Model Kendaraan Listrik, Highlander Versi EV?
Toyota Highlander Hybrid (sumber: Toyota USA)

Bagikan:

 

JAKARTA - Bukan sebuah rahasia bila pabrikan asal Jepang seperti Toyota sedang berfokus pada pengembangan kendaraan hybrid, plug-in hybrid (PHEV), dan sel bahan bakar hidrogen demi menerapkan strategi multi-jalur yang dicanangkannya.

Meskipun demikian, pabrikan yang didirikan pada 1937 lalu ini tetap memiliki rencana dalam menghadirkan kendaraan listrik berbasis baterai (BEV) dalam beberapa tahun mendatang. Bahkan, perusahaan berencana membuat kejutan dengan menghadirkan BEV dari mobil yang telah ada.

Dilansir dari CarBuzz, Rabu, 17 April, Toyota mengonfirmasi akan mengubah SUV berukuran besar Higlander ke dalam jajaran kendaraan listrik. Direncanakan model tersebut akan dirakit di pabrik Kentucky, AS.

Lebih lanjut, kehadiran Highlander versi BEV akan diikuti oleh kelahiran SUV berdimensi besar lainnya dari Lexus bernama “TZ”. Bahkan, merek mewah ini telah mengajukan nama tersebut ke kantor hak paten pada akhir tahun lalu.

“Kami selalu berkomitmen untuk membangun BEV dan kalian akan melihat lebih banyak BEV dari Toyota di masa depan,” kata General Manager Toyota North America David Christ.

Meskipun demikian, Toyota tidak ingin meninggalkan sepenuhnya mobil bermesin ICE. Kemungkinan model seperti Grand Highlander dengan ukuran lebih besar akan melanjutkan powertrain konvensional dengan menawarkan opsi hybrid dan PHEV.

Selain itu, perusahaan juga berniat ingin menambah jajaran kendaraan hybrid di AS menyusul peluncuran 4Runner, Camry, Land Cruiser, dan Crown Signia. Ada kemungkinan model sport seperti Supra dan GR86 akan menjadi kendaraan hybrid di masa depan, namun Toyota masih bungkam dengan hal itu.

Namun, Christ menambahkan bahwa pihaknya akan menambah jajaran kendaraan elektrifikasi di masa mendatang dengan memperbanyak model dengan sistem PHEV untuk pasar AS.

“Kami akan memperluas ketersediaan plug-in di seluruh jajaran produk dengan cukup cepat,” tambah Christ.

Sayangnya pihak perusahaan tidak menyebutkan nama dari model yang akan tersedia dalam versi PHEV. Namun, rumor yang beredar bahwa model berikutnya yang mendapatkan opsi tersebut ialah SUV Sequoia serta dua pikap Tundra dan Tacoma.