Dua Model Land Cruiser EV Hadir pada 2026 dengan Jarak Tempuh Mengesankan
Toyota Compact Cruiser EV. (Dok. Toyota Global)

Bagikan:

JAKARTA - Toyota, perusahaan otomotif asal Jepang, berencana untuk memperluas model Land Cruiser. Bahkan, pabrikan berniat untuk menghadirkan mobil tersebut dengan nama merek tersendiri mengingat dua model SUV bertenaga listrik akan segera dijual.

Sebelumnya, pabrikan mengisyaratkan kehadiran model ini dengan memamerkan sepasang konsep dengan kendaraan berukuran kecil akan menyasar ke pasar pelanggan muda dan mobil berukuran besar untuk kaum tajir.

Dilansir dari Carscoops, Senin, 5 Februari, pratinjau model Land Cruiser SE sebagai model berdimensi besar diharapkan lebih fokus pada unsur kenyamanan dan menjadi versi terbaik setelah Prado J250 yang akan hadir di Amerika Utara. Disebutkan juga baterainya akan menggunakan teknologi canggih, seperti sel prismatik yang diklaim lebih padat dan memangkas biaya produksi menjadi lebih murah.

6
Toyota Land Cruiser SE

Dengan demikian, ini akan menjadikan model dari seri ‘Land Cruiser’ tercanggih yang pernah ada. Mengenai kemunculannya, dikabarkan mobil tersebut akan diperkenalkan pada 2026 mendatang sekaligus memperingati eksistensi 75 tahun model tersebut.

Kemudian, baterai solid-state yang memiliki teknologi terdepan akan diperkenalkan dua tahun setelahnya dan akan digunakan versi tertinggi model ini dengan menawarkan jarak tempuh mencapai 1.000 km dalam sekali pengisian daya.

Meskipun Toyota tidak terlalu memfokuskan pada kemampuan off-road, Land Cruiser SE menawarkan pengendalian yang sangat baik saat berada di jalan setapak. Torsi besar yang dihasilkan motor listrik seharusnya membuatnya mampu mendaki bukit atau medan apapun di depannya.

Sementara untuk SUV versi kecil, kemungkinan model ini akan didasari dari Compact Cruiser EV yang dipamerkan pada 2021 lalu. Ukurannya akan menyerupai bZ4X, namun fokus utamanya ialah pada gaya dan kepraktisan.

Sama seperti bZ4X, model ini diperkirakan akan menggunakan platform E-TNGA dengan motor listrik yang menyalurkan tenaga hingga 214 dk dengan baterai 71,4 kWh menawarkan jarak tempuh hingga 417 km dalam sekali pengisian daya.

Dengan demikian, Land Cruiser versi mini ini akan bersaing dengan beberapa model di masa mendatang, seperti Land Rover Defender dan G-Class versi kecil berpenggerak listrik dengan tampilan kokoh serta memiliki performa mumpuni.

Terkait