Bagikan:

JAKARTA - The Living Daylights, film ke-15 dalam franchise James Bond, menampilkan aksi perdana aktor Inggris, Timothy Dalton, sebagai Bond.

Film ini dirilis pada musim panas 1987 dan menandai kembalinya Aston Martin sebagai kendaraan pilihan Bond setelah absen dalam beberapa waktu. Salah satunya adalah mobil Aston Martin V8 tahun 1973, satu dari empat mobil yang masih berfungsi dengan baik dan digunakan dalam proses pembuatan film tersebut.

Setelah melewati restorasi menyeluruh, mobil ini akan dilelang oleh RM Sotheby's pada pelelangan Monterey yang berlangsung pada tanggal 17-19 Agustus mendatang.

3

Pada awal produksinya tahun 1973, Aston Martin V8 dijual dengan cat tudor green metallic, mesin berbahan bakar injeksi, dan transmisi otomatis. Pada tahun 1986, EON Films memutuskan untuk membeli mobil bekasnya karena waktu tunggu yang lama untuk mobil baru.

Untuk keperluan film, mobil ini kemudian dicat ulang dengan warna Cumberland Grey, ditambahkan bagian kap mesin dari model karburator, dan dipasang atap terbuka. Beberapa detail juga diperbarui agar sesuai dengan desain mobil ketika pertama kali dijual 13 tahun sebelumnya. Selain itu, mobil ini dilengkapi dengan roket imitasi untuk menciptakan kesan mobil yang cocok bagi James Bond.

EON Productions mempertahankan mobil ini hingga tahun 1995, lalu dijual ke kolektor terkenal film James Bond, Peter Nelson. Mobil ini juga pernah dipamerkan di Cars of the Stars Motor Museum di Inggris dan menjadi bagian dari pameran tetap hingga tahun 2004, ketika dijual kepada seorang kolektor di Amerika Serikat.

5

Tahun 2021, mobil ini dijual kepada pemilik saat ini yang memutuskan untuk memberikan mesin aslinya kembali sehingga bisa dikendarai di jalan. Mobil ini dilengkapi dengan mesin V8 karburator V540 dengan peningkatan spesifikasi Vantage, dan transmisi manual lima percepatan ZF yang sesuai.

Saat memperbaiki mesin, pemilik juga memanfaatkan kesempatan untuk memperbaiki korosi, memperbaiki masalah mekanis, dan mewarnai ulang mobil sehingga tampak seperti baru. Selain itu, sebuah konsol tengah yang dapat dilepas dipasang dengan tombol-tombol palsu untuk semua alat gadget dalam film, termasuk tombol penghancur diri. Akhirnya, sebuah alat pelempar api sungguhan ditambahkan untuk membuat roket belakang mobil terlihat lebih nyata seperti di film.

Namun, untuk memiliki mobil langka ini, peminat harus bersiap dengan harga yang tidaklah murah. RM Sotheby's memperkirakan Aston Martin V8 tahun 1973 ini akan terjual dengan harga antara 1,4 juta hingga 1,8 juta dolar AS, atau sekitar Rp21 miliar hingga Rp27 miliar. Pasalnya, menjadi pemilik mobil James Bond asli tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi kolektor dan penggemar film ikonik ini.