Astar Rilis Hackathon Web3 Perdana yang Didukung oleh Toyota Motor Corporation
Astar Network, bersama Toyota Rilis Hackathon Web3 (foto: twitter @AstarNetwork)

Bagikan:

JAKARTA- Perusahaan otomotif raksasa asal Jepang, Toyota, menggali lebih dalam kasus penggunaan blockchain melalui keterlibatannya dengan hackathon Web3 untuk pengembang organisasi otonom terdesentralisasi (DAO).

Pada 1 Februari, kontrak pintar multichain dan jaringan aplikasi terdesentralisasi (DApp) Astar mengumumkan hackathon Web3 perdananya yang didukung oleh Toyota Motor Corporation.

Pendiri Astar Network, Sota Watanabe, mengomentari pentingnya keterlibatan Toyota dalam inisiatif tersebut.

“Selama acara berlangsung, kami bertujuan untuk mengembangkan alat DAO PoC (Proof of Concept) pertama untuk karyawan Toyota. Jika alat yang bagus diproduksi, karyawan Toyota akan berinteraksi setiap hari dengan produk di Astar Network,” kata Watanabe, dikutip Cointelegraph.

Ini adalah acara Web3 pertama Toyota sebagai perusahaan kendaraan multinasional yang mencari teknologi baru untuk "mendukung visinya dalam meningkatkan operasi perusahaan," kata pengumuman itu.

The Astar Foundation menjanjikan 100.000 dolar AS (Rp 1,5 miliar) dalam pendanaan untuk acara tersebut, yang akan digunakan sebagai hadiah untuk memenangkan proyek yang dipilih oleh Toyota.

Peserta acara akan mengembangkan semua produk mereka di Astar Network, blockchain layer-1 yang berbasis di Jepang. Hackathon akan diselenggarakan di metaverse berbasis Polkadot milik Astar, COZMISE.

Ini bukan pertama kalinya Toyota mencoba-coba kripto dan blockchain. Pada tahun 2020, divisi IT raksasa otomotif tersebut bekerja sama dengan pertukaran kripto Jepang DeCurret untuk mengembangkan token digital bermerek Toyota.

Toyota mendirikan laboratorium blockchain pada tahun 2020 untuk mengeksplorasi masa depan teknologi ledger terdistribusi dan perannya dalam industri otomotif.

Harga Astar (ASTR) langsung melonjak 10,5% di tengah berita untuk diperdagangkan pada 0,dolar AS 06 pada saat penulisan. Token ini telah naik 53% selama sebulan terakhir tetapi tetap turun 86% dari level tertinggi sepanjang masa.