Penuhi Kebutuhan Pelanggan di Industri Pengiriman, Tiga Raksasa Otomotif Jepang Kerjasama Kembangkan Minivan Listrik
Minivan BEV yang dikembangkan oleh Toyota, Daihatsu, dan Suzuki. (Dok. Toyota Global)

Bagikan:

JAKARTA - Tiga pabrikan otomotif asal Jepang Suzuki Motor Corporation, Daihatsu Motor Co., Ltd, dan Toyota Motor Corporation, merilis tiga mobil minivan hasil pengembangan bersama beberapa waktu lalu.

Dilansir dari laman resmi Toyota, Rabu, 17 Mei, ketiga merek raksasa tersebut meluncurkan prototipe minivan Battery Electric Vehicle (BEV). 

3

Minivan niaga tersebut mengkombinasikan kemampuan Suzuki dan Daihatsu dalam mendesain mobil berukuran kecil serta didukung teknologi Toyota dalam sektor teknologi mobil listrik.

Proyek tersebut juga melibatkan perusahaan lokal seperti Commercial Japan Partnership Technologies (CJPT) demi mencapai spesifikasi optimal dan lebih efisien untuk kendaraan logistik jarak jauh.Saingan dari Mitsubishi MiniCab MiEV tersebut diperkirakan memiliki jarak tempuh hingga 200 km. 

Platform BEV baru yang tengah digarap ini menjadi inti dari minivan listrik generasi baru. Diketahui juga kalau Toyota secara bertahap membuat terobosan ke pasar EV dengan serangkaian penawaran dan investasi ke arah tersebut.

5

Ketiga mobil listrik ini diperkenalkan pada pameran otomotif mencapai netralitas karbon di Jepang yang diselenggarakan oleh Japan Automobile Manufacturers Association (JAMA) bersama dengan G7 KTT Hiroshima.

Model pertama akan diproduksi oleh Daihatsu dengan nama Hijet Cargo sementara Toyota dan Suzuki menjualnya pada tahun fiskal 2023 dengan nama Every (Suzuki) dan Pixis (Toyota).