Bagikan:

JAKARTA - Dengan semakin banyaknya kendaraan listrik (EV) berada di jalan, beban pada jaringan listrik diperkirakan akan tumbuh signifikan. Dengan mengembalikan sebagian daya dari kendaraan listrik ke jaringan listrik rumah ketika tidak membutuhkannya, jelas akan menguntungkan.

Menjelang pembukaan pameran otomotif Detroit Auto Show, hari ini, tiga raksasa otomotif BMW, Ford, dan Honda mengumumkan telah bermitra untuk menciptakan perusahaan baru yang sepenuhnya fokus pada pengisian bidireksional di Amerika Serikat yang dinamai ChargeScape.

Teknologi pengisian bidireksional atau dua arah ini memungkinkan mobil mengambil daya dari charger dan mengembalikan sebagian dari daya listrik tersebut ke jaringan listrik jika tidak diperlukan.

Perusahaan patungan ini akan membantu pemilik EV dari ketiga produsen otomotif tersebut untuk berbagi listrik dengan jaringan listrik lokal mereka. Melalui berbagai layanan pengisian yang dikelola dan berbagi energi, perusahaan ini berharap dapat "membuka nilai yang sepenuhnya baru yang dapat diberikan oleh EV kepada jaringan listrik."

"Kendaraan listrik membuka manfaat yang sepenuhnya baru bagi pelanggan yang dapat menghemat uang mereka sambil mendukung ketahanan jaringan dan meningkatkan penggunaan energi bersih dan terbarukan," kata Bill Crider, Global Head of Charging and Energy Services Ford Motor Company, dalam rilis perusahaan, Selasa, 12 september.

ChargeScape akan membantu mempercepat potensi sejati revolusi EV dengan memberikan manfaat signifikan bagi kedua utilitas dan pelanggan EV melalui layanan pintar kendaraan-ke-jaringan.

Perusahaan patungan ini berharap dapat menawarkan manfaat operasional yang cost-effective bagi utilitas lokal. Namun, ChargeScape menambahkan bahwa pelanggan akan selalu memiliki kendali atas kapan kendaraan mereka diisi dan dikosongkan, untuk memastikan bahwa pengemudi memiliki daya yang cukup untuk mencapai tujuan mereka.

"Kami mengandalkan platform ini untuk menciptakan nilai baru bagi pelanggan kami dengan menghubungkan EV ke utilitas listrik, memperkuat sumber daya jaringan, dan mengurangi emisi CO2," pungkas Jay Joseph, VP of Sustainability & Business Development, American Honda Motor Co., Inc.

Dia menambahkan, dengan produsen otomotif yang menuju masa depan elektrifikasi, ChargeScape adalah solusi yang memungkinkan semua pemangku kepentingan untuk bekerja sama demi kebaikan pelanggan, masyarakat, dan dunia industri dengan memungkinkan penggunaan energi terbarukan yang lebih besar untuk dan dari mobilitas.

ChargeScape juga disebut akan menyediakan penjadwalan pengisian daya terkelola melalui konektivitas kendaraan tanpa memerlukan stasiun pengisian daya berkemampuan Wi-Fi. Hal ini akan mendukung banyak pelanggan kendaraan listrik yang tidak menggunakan pengisi daya “pintar” di rumah, karena kendaraan listrik mereka tidak akan dapat dijangkau oleh layanan jaringan listrik.

BMW, Ford, dan Honda juga menyambut produsen mobil lain untuk bergabung dan sepenuhnya membuka peluang mendapatkan penawaran layanan jaringan listrik ChargeScape setelah perusahaan ini beroperasi penuh.