Bagikan:

JAKARTA - Penerbit Electronic Arts (EA) dan pengembang Respawn telah mengonfirmasi bahwa gim mobile Apex Legends akan segera dihentikan pada 2 Mei 2023.

Dalam sebuah pernyataan yang dibagikan di situs resminya, Respawn mengungkapkan bahwa gim mobile Apex Legends sudah tidak lagi memenuhi standar permainan yang menyediakan konsistensi dalam gim. 

"Menyusul awal yang kuat, saluran konten untuk Apex Legends Mobile mulai tidak memenuhi standar tersebut untuk kualitas, kuantitas, dan irama. Karena alasan inilah, setelah berbulan-bulan bekerja dengan mitra pengembangan kami, kami membuat keputusan bersama untuk menghentikan gim seluler kami," tulis studio. 

Meski pengumuman ini cukup mengecewakan, Respawn mengaku bangga dengan gim yang telah mereka luncurkan, dan berterima kasih atas dukungan komunitas Apex Legends, selama ini. 

Sembilan puluh (90) hari sebelum penghentian itu. Mulai 31 Januari kemarin, Respawn telah menonaktifkan semua pembelian aplikasi dengan uang sungguhan di dalam gim serta menghapus gim dari toko web. Selama periode ini, pemain dapat membelanjakan Sindikat Emas yang ada dan terus memainkan permainan penuh. 

Kemudian tiba akhirnya pada pukul 16.00 PDT tanggal 1 Mei 2023, atau hari selanjutnya pukul 07.00 WIB, Respawn akan menghentikan operasi di semua wilayah, dan gim tidak akan dapat dimainkan lagi.

Menurut FAQ yang diberikan, sesuai dengan perjanjian pengguna EA, baik Respawn maupun EA tidak akan memberikan pengembalian uang untuk pembelian uang sungguhan. 

"Untuk permintaan pengembalian dana lainnya, silakan hubungi platform pihak ketiga tempat Anda membeli konten gim, misalnya Apple App Store dan Google Play Store," jelasnya. 

Meski demikian, keputusan penghentian Apex Legends Mobile ini khusus untuk platform tersebut saja. Artinya, gim di PC dan Konsol tidak akan berpengaruh.