Bukan Twitter, BeReal Menang Jadi App of the Year di Apple App Store Tahun Ini
Ilustrasi Aplikasi BeReal (foto: dok. Apple)

Bagikan:

JAKARTA - Daftar pemenang penghargaan App Store tahun ini telah diumumkan Apple, berbarengan dengan grafik teratas untuk aplikasi dan gim yang paling banyak diunduh di kategori gratis dan berbayar.

Penghargaan ini mencakup aplikasi untuk semua platform yang dimiliki perusahaan, termasuk iPhone, iPad, Apple Watch, Mac, dan Apple TV.

Apple mengatakan pada 2022 ini, aplikasi jejaring sosial BeReal memenangkan penghargaan app of the year untuk iPhone, sedangkan aplikasi pencatat GoodNotes 5 memenangkan mahkota untuk aplikasi iPad terbaik.

Sementara, MacFamilyTree 10 dari Synium Software GmbH yakni aplikasi eksplorasi silsilah keluarga visual tercatat sebagai aplikasi Mac teratas tahun ini.

Layanan streaming Vix dari Televisa Univision Interactive dianugerahi aplikasi Apple TV teratas karena mengangkat cerita berbahasa Spanyol dan Gentler Streak dari Gentler Stories, pelacak olahraga dan kebugaran, dianugerahi aplikasi Apple Watch terbaik tahun ini.

Kategori gim di iPhone berhasil dimenangkan Apex Legends Mobile dari Electronic Arts sementara Moncage dari XD Network Inc mendapatkan judul gim teratas di iPad.

Pemenang gim lainnya termasuk Inskripsi dari Devolver untuk Mac, El Hijo dari HandyGames untuk Apple TV dan Wylde Flowers dari Studio Drydock untuk Apple Arcade. League of Legends Esports Manager dari Shenzhen Tencent Tianyou Technology memenangkan aplikasi App Store China tahun ini.

“Pemenang App Store Award tahun ini menata kembali pengalaman kami dengan aplikasi yang menghadirkan perspektif yang segar, bijaksana, dan tulus,” ujar CEO Apple,  Tim Cook, dalam sebuah pernyataan.

“Dari kreator solo otodidak hingga tim internasional yang tersebar di seluruh dunia, para wirausahawan ini membuat dampak yang berarti, dan mewakili cara aplikasi dan gim memengaruhi komunitas dan kehidupan kita," imbuhnya.

Apple juga merilis aplikasi dan gim yang paling banyak diunduh di seluruh kategori gratis dan berbayar untuk tahun ini. Berikut adalah aplikasi teratas yang dikutip dari TechCrunch, Rabu, 30 November.

Aplikasi Gratis Teratas

TikTok
YouTube
WhatsApp
Instagram
Google Maps
Google Search
Gmail – Email by Google
BeReal
Facebook
Cash App

Aplikasi Berbayar Teratas

Procreate Pocket
HotSchedules
The Wonder Weeks
Shadowrocket
75 Hard
AutoSleep Track Sleep on Watch
TouchRetouch
FILCA – SLR Film Camera
SkyView
My Macros+ | Diet & Calories

Gim Gratis Teratas

Wordle!
Subway Surfers
Roblox
Stumble Guys
Coloring Match
Count Masters: Crowd Runner 3D
Fishdom
Call of Duty®: Mobile
Parking Jam 3D
Text or Die

Gim Berbayar Teratas

Minecraft
Heads Up!
Bloons TD 6
Geometry Dash
Monopoly – Classic Board Game
My Child Lebensborn
Five Nights at Freddy’s
Plague Inc.
Rovio Classics: AB
Five Nights at Freddy’s 2

Gim Arcade Apple Teratas

NBA 2K21 Arcade Edition
The Oregon Trail
Angry Birds Reloaded
Sneaky Sasquatch
Cooking Mama: Cuisine!
Bloons TD 6+
Skate City
Warped Kart Racers
Solitaire by MobilityWare+
LEGO® Star Wars™: Castaways