Cara Mengaktifkan Indikator Privasi Kamera di Windows 11
Laptop dan desktop Windows modern dilengkapi kamera web yang juga memiliki indikator LED khusus. (foto: dok. microsoft)

Bagikan:

JAKARTA - Untuk memberi tahu penggunanya jika sistem kamera hidup, sebagian besar laptop dan desktop Windows modern yang dilengkapi kamera web yang juga memiliki indikator LED khusus.

Tetapi, beberapa perangkat tidak dilengkapi dengan LED seperti itu. Untuk meningkatkan privasi pada komputer tersebut, Microsoft telah membuat pemberitahuan di seluruh sistem yang muncul saat kamera dihidupkan atau dimatikan.

Namun, jika LED di laptop Anda tidak berfungsi lagi atau Anda menginginkan peringatan tambahan, berikut adalah cara mengaktifkan indikator privasi kamera tersembunyi Windows 11.

1. Tekan Win + R dan ketik regedit untuk meluncurkan Windows Registry Editor. Anda juga dapat menggunakan Pencarian Windows atau metode pilihan lainnya.

2. Saat berada di Peninjau Suntingan Registri, rekatkan kode berikut ini ke bilah alamat: Komputer\HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\OEM\Device\Capture.

3. Kemudian, perintah akan membiarkan Anda mendapatkan kunci registri yang diperlukan tanpa tersesat di Windows Registry.

4. Temukan value data NoPhysicalCameraLED dan buka. Jika tidak ada value data seperti itu, klik Edit lalu New dan pilih DWORD dan ganti nama value data baru menjadi NoPhysicalCameraLED.

5. Buka dan ubah value data dari 0 (default) menjadi 1. Lalu hidupkan kembali komputer Anda.

Perlu dicatat, jika Anda mengubah value data NoPhysicalCameraLED dari 0 ke 1 akan membuat komputer Anda berpikir tidak memiliki indikator fisik untuk skenario kamera, memaksa sistem operasi untuk menampilkan notifikasi Camera On dan Camera Off ketika sesuatu mendapat akses ke built-in atau eksternal kamera.

Perhatikan bahwa mengubah value data tidak memengaruhi LED, itu akan tetap berfungsi terlepas dari value data. Jika Anda ingin menonaktifkan pemberitahuan privasi kamera Windows 11, ulangi semuanya di atas dan ubah value data dari 1 menjadi 0 pada langkah 4. Demikian dikutip dari Neowin, Selasa, 29 November.