Bersama BI dan ASPI, DANA Luncurkan Layanan QRIS Transfer, Tarik Tunai, dan Setor Tunai
Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo (foto; IST)

Bagikan:

JAKARTA - Transaksi touchless menggunakan QRIS sebagai standar kode QR Nasional di Indonesia terus meningkat dan menunjukkan budaya transaksi digital masyarakat yang semakin kuat. 

Bank Indonesia bersama Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) telah meresmikan QRIS Transfer, Tarik Tunai, dan Setor Tunai (QRIS TTS) melalui soft launching QRIS TTS pada Jumat, 25 November. 

DANA dipilih oleh Bank Indonesia dan ASPI sebagai salah satu dompet digital yang mewakili Penyedia Jasa Keuangan (PJP) non-bank untuk dapat menjadi peserta demo launching QRIS TTS.

Inovasi baru QRIS TTS oleh Bank Indonesia ini memudahkan pengguna untuk melakukan transaksi tarik tunai maupun setor tunai hanya dengan memindai kode QRIS yang ada di mitra merchant QRIS. 

Sementara melalui QRIS transfer, pengguna juga dapat dengan mudah melakukan transfer antar PJP, cukup dengan  memindai kode QRIS pada aplikasi PJP masing-masing pengguna. 

Pada acara peluncurannya kemarin, Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo, melalui aplikasi DANA telah berhasil menerima uang dari Ketua Umum ASPI, Bapak Santoso, dengan hanya menunjukkan QRIS di aplikasi DANA, yang kemudian dipindai oleh aplikasi mobile banking BCA. 

Hal tersebut menunjukkan bahwa QRIS TTS menawarkan prosedur yang lebih cepat, transaksi digital yang lebih mudah dijangkau, serta membuka jalan bagi masyarakat untuk memasuki ekosistem digital.

Dengan diluncurkannya sistem ini, DANA ikut mendorong dan mengintegrasikan lembaga keuangan yang ada ke dalam ekonomi digital baru, guna memberikan dampak positif dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

“Terpilihnya DANA Indonesia menjadi salah satu dompet digital yang turut meresmikan inovasi ini merupakan langkah baru untuk memaksimalkan potensi akselerasi inklusi keuangan oleh dompet digital DANA sebagai touch point pengguna terhadap akses layanan keuangan digital,” ujar CEO DANA, Vince Iswara dalam keterangan yang diterima pada Senin, 28 November. 

DANA akan terus memaksimalkan upaya-upaya pengembangan infrastruktur digital di tengah masyarakat. Transaksi QRIS TTS melalui aplikasi DANA menjadi bukti komitmen perusahaan sebagai perusahaan teknologi dalam memberikan manfaat yang berkelanjutan pada perekonomian Indonesia.