Cara Memaksimalkan Keamanan di Laptop Windows
Laptop dengan sistem Windows (foto: dok. Microsoft)

Bagikan:

 

JAKARTA – Setiap perangkat perlu dijaga privasi dan keamanannya, tak terkecuali perangkat komputer dengan dengan sistem operasi Windows. Penting untuk mengetahui cara menjaga keamanan perangkat tersebut. 

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan jika menggunakan laptop Windows, seperti memeriksa keamanan akses dan aplikasi yang mungkin mengancam. Berikut ini beberapa hal yang bisa diakukan untuk menjaga keamanan laptop Windows, dikutip dari Gizmodo.

Lindungi Perangkat dengan Mengunci Layar

Kejahatan bisa terjadi di mana saja dan kapan saja. Saat Anda berada di suatu tempat dan ingin meninggal laptop hanya dalam waktu beberapa menit, pastikan bahwa perangkat Anda tidak bisa dijelajahi atau terkunci sehingga orang luar tidak bisa mengakses.

Penguncian layar bisa diaktifkan dengan menyalakan mode PC bangun dari mode tidur. Secara otomatis, layar akan masuk ke bagian layar kunci. Anda juga bisa mengaktifkan Kunci Dinamis agar laptop bisa terkunci secara otomatis saat Anda menjauhi keyboard.

Matikan Sistem Pengumpulan Data di Windows

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk menjaga keamanan laptop adalah dengan membatasi pengumpulan data yang tidak diinginkan. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu membuka Pengaturan, kemudian ketuk opsi Privasi dan Keamanan.

Setelah Anda melihat beberapa menu yang berkaitan dengan pengumpulan data di Windows, klik bagian Umum. Berikutnya, nonaktifkan opsi pengumpulan data yang Anda inginkan seperti iklan bertarget, pelacakan peluncuran aplikasi, dan masih banyak lagi.

Di bagian Diagnostik dan Umpan Balik, Anda bisa mengontrol data yang dikumpulkan Windows, mengelola datanya, atau menghapus data yang sudah dikumpulkan sejauh ini. Anda juga bisa mematikan pelacakan aktivitas dengan menonaktifkan Riwayat Aktivitas.

Mengontrol Data dari Berbagai Aplikasi

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan adalah mengontrol program yang perlu dan tidak diperlukan sistem laptop Windows Anda. Anda hanya perlu membuka Pengaturan, kemudian pilih Privasi dan Keamanan untuk melihat akses dari masing-masing aplikasi.

Anda bisa mematikan kamera, lokasi, dan mikrofon di beberapa program tertentu. Anda juga bisa mematikan akses ke izin tertentu seperti memutuskan akses ke sistem file. Tindakan ini akan sangat berguna dalam memitigasi pencurian data yang tidak diinginkan.