Joipaw, <i>Startup</i> dari Inggris ini Ciptakan Gim Khusus untuk Anjing
Joipaw luncurkan gim interaktif untuk anjing (foto: Joipaw)

Bagikan:

JAKARTA - Berbeda dengan pengembang gim yang lain, Joipaw, sebuah startup yang berbasis di Inggris sedang serius dalam menciptakan sebuah gim yang dikhususkan untuk anjing. 

Dijalankan pada konsol layar sentuh khusus yang tahan air liur, perusahaan mengklaim bahwa gim ini dapat bermanfaat bagi kesehatan otak anjing. 

Salah satu pendiri Joipaw, Dersim Avdar yang juga seorang gamer mengungkapkan, gim ini juga dimaksudkan sebagai pengganti manusia dalam menghabiskan waktu bersama anjingnya. 

Gim ini nantinya akan mencakup tantangan mendera tikus dan ujian untuk melihat apakah pemain doggie dapat memilih sisi gambar mana yang berisi lebih banyak gelembung.

Saat anjing berhasil, konsol akan membagikan camilan. Pelacak peka gerakan di kerah anjing juga memungkinkan kontrol tambahan untuk beberapa permainan.

Advar mengaku dalam desain gimnya, gim untuk anjing ini dibuat lebih sederhana dibandingkan gim untuk manusia. Yang diperlukan adalah membujuk anjing Anda supaya mereka mulai bermain. 

"Dalam pengujian dengan hampir dua lusin anjing, langkah tersulit adalah membuat anjing mulai bermain tanpa makhluk yang menarik perhatian anjing di layar," kata Avdar melansir dari Axios

"Tetapi, ketika mereka melakukannya, itu adalah “momen ajaib di mana Anda melihat cahaya di mata mereka." tambah Advar. 

Seorang profesor interaksi hewan dan komputer di Open University di Inggris, Clara Mancini mengatakan permainan otak layar sentuh untuk anjing masih muda tetapi sangat menjanjikan. 

Mancini percaya video gim ini dapat menawarkan manfaat yang tidak dapat diberikan oleh mainan anjing teka-teki lainnya, karena dapat dirancang untuk menjadi semakin sulit. 

Avdar tidak memiliki kerangka waktu untuk merilis Joipaw dan sedang mengerjakan model harga untuk perangkat dan langganan yang akan membagikannya di masa mendatang.