Bagikan:

JAKARTA - Selama bertahun-tahun, Google telah menunjukkan dukungannya kepada para founder dan startup-startup di Indonesia. Dalam dua tahun terakhir, Google bahkan sudah memberikan pelatihan terbaik bagi startup Indonesia untuk terhubung dengan pakar yang tepat dan teknologi terbaik. 

Semua dorongan, termasuk pelatihan dengan pakar-pakar terbaik Google dilaksanakan dalam bermacam program. Adapun program tersebut adalah sebagai berikut:

Indie Games Accelerator (2020)

Indie Games Accelerator (IGA) adalah program akselerator gim seluler pertama dari Google yang dimulai pada tahun 2018, yang dirancang untuk mendorong pertumbuhan developer indie dari pasar negara berkembang termasuk bimbingan, pelatihan, dan saran tentang produk, desain, dan monetisasi. 

Tahun 2020, Google menyelenggarakan IGA Alumni Day 2020, ajang untuk mempertemukan alumni IGA dengan penerbit atau investor. Dari Indonesia, tiga gim developer yang berpartisipasi pada acara ini adalah Nightspade, Everidea Interactive, dan Niji Games. 40 developer yang mengikuti acara ini berhasil menggalang dana lebih dari 65 juta dolar AS dari penerbit gim dan investor.

Google for Startups Accelerator (2021

Google for Startups Accelerator: Indonesia adalah program pertama di Indonesia dan didedikasikan khusus untuk satu negara. Program ini mencakup workshop yang berfokus pada desain produk, akuisisi pengguna, pengembangan leadership bagi para founder startup, serta mentoring selama 169 jam bersama 47 mentor dari Google dan industri, yang beberapa di antaranya adalah alumni program Accelerator. 

GFS Women Founders (2022) 

Women Founders Academy adalah program akselerator bagi para wanita pendiri startup tahap Seed hingga Series A di wilayah Asia Pasifik, yang menyediakan bimbingan pengembangan keterampilan selama 12 minggu bersama ahli Google dan pakar industri untuk meningkatkan kemampuan dan tips untuk mengatasi tantangan dalam membangun usaha mereka, termasuk perihal modal dan pendanaan.

Indie Games Accelerator (2022) 

Tiga pendiri studio gim dari Indonesia, Gambir Studio, Eternal Dream Studio, dan Rigged Box Softworks berhasil lulus Indie Games Accelerator 2022 setelah menjalani pelatihan online dan bimbingan oleh pakar industri dan mentor global selama sepuluh minggu. 

GFS: Startup Academy (2022)

Startup Academy Indonesia adalah sebuah program bootcamp online intensif selama lima hari untuk startup berbasis teknologi Indonesia yang memiliki potensi tinggi. Program ini dirancang untuk mempercepat pertumbuhan startup Indonesia baik di bidang fintech, edtech, retail, logistik, pertanian, gaming, dan kesehatan dengan memberi mereka akses ke keahlian dan sumber daya terbaik Google.

Unity x Play (2023)

Google Play bermitra dengan Unity dan Asosiasi Game Indonesia meluncurkan Google Play x Unity Game Developer Training. Ini adalah program pelatihan dan sertifikasi online dari Unity kepada developer dan mahasiswa di 16 universitas di Indonesia. Di sini, peserta dapat memilih antara tiga jalur pembelajaran yang berbeda: Game developer, artist, atau programmer.

Google for Startups: Southeast Asia and Pakistan (2023)

Google for Startups Accelerator: Asia Tenggara dan Pakistan memberikan akses terbaik ke komunitas, jaringan, dan teknologi canggih Google untuk membantu startups membuat produk yang luar biasa. Noice, Mindtera dan PasarMIKRO berhasil menyelesaikan program yang sangat kompetitif ini. Mereka menerima bimbingan dan dukungan khusus dari jaringan mentor global serta akses ke AI/ML, Cloud, Play, Android, dan pakar Web.